Stand Up Paddle (SUP): Olahraga Air dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia, Antara lautan, sungai, danau, perairan datar, atau ombak, SUP adalah disiplin selancar yang dapat diakses dan membawa olahraga ini ke penjuru dunia yang baru. Lahir dari para peselancar yang mencari cara baru untuk menikmati laut, SUP telah berkembang menjadi lebih banyak lagi. Ini telah meledak sebagai fenomena global yang telah mengembangkan disiplin balap dan selancar, mencapai tingkat olahraga tertinggi dengan dimasukkan dalam acara-acara Gerakan Olimpiade.

Perkembangan pesat olahraga ini telah menumbuhkan komunitas atlet global, mulai dari kalangan akar rumput hingga elit. Di Indonesia telah merambah menjadi Olahraga Wisata (Watersport), yang sangat diminati disemua kalangan umur.

Salah satu program Prioritas Pemerintah dalam pembangunan Kepariwisataan adalah Desa Wisata. 7.257 Desa Wisata di Indonesia yang potensial untuk dikembangkan untuk peningjatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan.

Program Desa Wisata Papan Dayung Berkelanjutan dan Terintegrasi diharapkan memberi nuansa baru terhadap pengembangan dan penambahan Atraksi Wisata . Program ini diharapkan menjadi salah satu artaksi wisata baru bagi desa wisata dengan potensi wisata air serta menjadi Daya Tarik Wisata/Atraksi wisata, dan pengembangan Sumber Daya Manusia serta tata kelolanya.