Wisata Nite Adventure ‘Nyare’

by
Situs jangkar Portugis. (foto: dm stiepar)

Manado – Kekayaan potensi wisata di Pulau Manado Tua terus terungkap dan terasa menakjubkan. Suasana malam di pantai Manado Tua memunculkan ide untuk sebuah kemasan wisata yang dinamakan ‘nyare’.

Laurens Baculu, pegawai Dinas Pariwisata Manado yang pernah lam bertugas di Kecamatan Bunaken Kepulauan mengatakan ‘nyare’ adalah istilah pada saat air laut pada posisi surut terendah. Kemudian nampak karang-karang di permukaan pantai. “Selain itu juga nampak apa yang diistilahkan ‘tandusang’ yakni tonjolan karang atau pun yang menonjol di atas permukaan air pada saat surut,” katanya kepada KabarManado.com.

Ia menyebutkan atraksi wisata ‘nyare’ itu yang sangat menarik yang dapat dikemas menjadi konsumsi wisatawan. “Atraksi ini adalah dimulai dari melihat jangkar Portugis pada malam hari. Diketahui pada saat air laut surut jangkar Portugis muncul ke permukaan dan dapat dijadikan objek foto yang menarik. Setelah itu wisatawan dapat menyusuri ‘tandusang’ sambil melihat lihat ikan-ikan yang terjebak dalam genangan air ikan yang berukuran besar dapat ditangkap dan konsumsi,” ujar Laurens.

Kegiatan ini oleh masyarakat setempat menyebutnya ‘manengkel’. Yakni aktifitas yang sangat unik dan mengasyikan karena wisatawan akan melakukan perjalanan menggunakan lampu dan tanpa terasa perjalanan yang ditempuh akan mencapai jarak yang cukup jauh di lingkaran pantai Pulau Manado Tua.

“Pulau Manado Tua memang menyimpan sejuta potensi wisata yang menarik,” ujarnya.

Penulis: Ishak Kusrant
Editor: Agust Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *