Wings Air Bantah Pesawat yang Ditumpangi Moeldoko Sempat Hilang Kontak

by
Ahirnya pesawat dengan nomor penerbangan IW 1161 tersebut berhasil mendarat di Gorontalo pada pukul 13.20 Wita. (Foto: Istimewa)

Manado – Akibat cuaca buruk yang melanda wilayah Sulawesi Utara, Jumat (01/02/2019), satu penerbangan yang batal mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado adalah pesawat Wings Air rute Naha – Manado.

Pihak Lion Air memberikan keterangan resmi juga terkait informasi yang berkembang bahwa pesawat yang ditumpangi Kepala Staf Presiden Moeldoko tersebut sempat hilang kontak.

“Wings Air menyatakan bahwa operasional penerbangan IW-1161 tidak mengalami hilang kontak seperti yang disampaikan atau diunggah dalam sosial media,” ungkap Coorporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro.

Danang mengungkapkan, Wings Air mengoperasikan ATR 72-500 registrasi pesawat PK-WHK membawa empat kru serta 67 penumpang. Karena kondisi cuaca, sekaligus memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot Wings Air memutuskan untuk melakukan pengalihan pendaratan (divert) IW-1161 pukul 12.31 Wita ke Bandar Udara Djalaludin di Gorontalo.

“Hal tersebut dikarenakan Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi terjadi cuaca buruk yang menyebabkan jarak pandang pendek sekitar pukul 09.00 – 13.30 Wita, sehingga tidak memenuhi kualifikasi keselamatan penerbangan,” papar Danang.

Dia menambahkan, pesawat mendarat dengan selamat di Gorontalo pukul 13.50 WITA. Setelah Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi dinyatakan aman untuk penerbangan, Wings Air mempersiapkan operasional dengan baik.

“Pesawat lepas landas dari Gorontalo pukul 14.40 Wita dan sudah tiba di Manado pada 15.45 Wita,” ujar Danang.

Diketahui, hujan deras dan angin kencang yang menghantam wilayah Manado dan sekitarnya sejak subuh, Jumat (01/02/2019), tak hanya berdampak pada bencana banjir dan longsor. Namun rute penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado juga terganggu.

Salah satu penerbangan yang batal mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado adalah pesawat Wings Air rute Naha – Manado. Di dalam pesawat itu, ada Kepala Staf Presiden, Jenderal (Purn) Moeldoko dan sejumlah jurnalis yang baru pulang meliput di Kabupaten kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Gagal mendarat di Manado, pesawat itu kemudian melanjutkan penerbangan dan mendarat di Bandara Jalaluddin Gorontalo.

Peristiwa itu sempat menghebohkan publik, apalagi ada postingan di media sosial dari beberapa penumpang bahwa pesawat yang mereka tumpangi sempat keilangan kontak.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *