Wau, Komandan Sekurity KM Sinabung Ditangkap Membawa Shabu Diatas Kapal, Pelabuhan Bitung

by
UMJ Alias Baco Sekurity KM. Sinabung saat diamankan Tim Opsnal Subdit II Dires Narkoba Polda Sulut.

Bitung – Tim Subdit II Diresnarkoba Polda Sulut berhasil menangkap komandan Sekurity KM Sinabang di Pelabuhan Bitung pada Selasa (18/6/2019) dini hari tadi, karena membawa narkotika jenis shabu.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo didampingi Dirnarkoba Polda Sulut Kombes Pol Eko Wagiyanto menjelaskan, hasil ungkap kasus peredaran dan penyalahgunaan narkotika jenis shabu oleh Tim Subdit II Dit Resnarkoba Polda Sulut dengan mengamankan seorang pelaku yaitu UMJ  Alias Baco (52), pekerjaan pelaut dan bertugas sebagai komandan sekurity Kapal Pelni KM. Sinabung.

“Pelaku kami tangkap di atas kapal KM. Sinabung sekitar Selasa (18/6/2019) dini hari, saat kapal baru sandar dan berlabu di pelabuhan Bitung. Dari penangkapan Tim Subdit II mengamankan barang bukti 2 paket kecil shabu berat 1,02 gram, 2 buah pipet kaca, 1 buah jaket warna coklar, 1 buah HP, 1 buah tas kecil hitam, dan 1 buah pembungkus rokok,” tegas Dirnarkoba.

Barang Bukti Shabu yang diamankan dari kamar dan saku pelaku.

Dijelaskan Dirnarkoba, berdasarkan kronologisnya tim mendapatkan informasi bahwa ada ABK KM. Sinabung yang sering menjual narkotika jenis shabu di Pelabuhan Bitung dan saat itu KM. Sinabung sedang dalam perjalanan dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Pelabuhan Bitung.

Kombes Eko mengatakan, KM. Sinabung bersandar di pelabuhan Bitung sekitar pukul  02.00 wita dan selanjutnya Tim Opsnal naik keatas kapal untuk mengamati gerak gerik pelaku yang diduga membawa narkotika jenis shabu.

Pada pukul 04.30 wita bertempat di Dek 5 KM. Sinabung pelaku ditangkap dan ditemukan 1 paket shabu yang dimasukkan dalam bungkus rokok, disaksikan 2 ABK Tim menggeledah kamar pelaku di kamar 3031 dan ditemukan 1 paket shabu bersama 2 pipet kaca yg disimpan dalam tas kecil tempat HP dan dimasukkan kedalam jaket kulit warna coklat.

“Pelaku dan barang bukti kemudian dibawah ke Polda Sulut untuk penyelidikan lebih lanjut,” tanda Eko.

Kombes Eko menambahkan, kasus ini terus dikembangkan sedangkan pelaku telah ditahan di Polda Sulut.

Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *