Warga Diminta Waspadai Hantaman Puting Beliung

by

Bolmong – Hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang yang terus melanda berbagai wilayah Sulut termasuk Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Warga diminta untuk mewaspadai terjadinya angin puting beliung.

Di Desa Ambang Dua, Kecamatan Bolaang Timur, 6 rumah warga porak-poranda diterjang angin puting beliung. Rumah yang rusak umumnya terbuat dari kayu dan anyaman bambu.

“Kejadiannya sekitar pukul 16.30 WITA, Selasa kemarin. Ada 7 Kepala Keluarga (KK) dengan 22 jiwa menjadi terdampak,”ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, Haris Dilapanga melalui rilis yang diterima, Kamis (27/12/2018).

Menanggapi peristiwa itu langsung menurunkan personil Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) untuk melakukan assesment bersama pemerintah setempat dan Dinas Sosial.

“BPBD Bolmong akan mempersiapkan bantuan Logistik bagi warga terdampak. Kami juga berkoordinasi dengan intansi terkait dalam pemberian bantuan sesuai ketersediaan stok logistik saat ini,” terangnya.

Dia kemudian menghimbau untuk mewaspadai cuaca ekstrim dan gelombang tinggi bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai, sesuai dengan peringatan yang dikeluarkan BMKG.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi waspada cuaca ekstrim. Saat ini dampak gelombang tinggi terjadi di Desa Maelang Kecamatan Sangtombolang,” ujar dia.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *