Vicky Lumentut Berharap Banyak Proyek APBN Masuk Manado

by
Vicky Lumentut bersama para Wali Kota dan Bupati lainnya

Manado – Wali Kota Manado, Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama Bupati dan Walikota se-Sulut menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulut, di Convention Hall Grand Kawanua International City (GKIC) Kairagi, Kecamatan Mapanget, Rabu (18/04/2018).

Kegiatan dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut itu dibuka Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr Soni Sumarsono MDM didampingi Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O.E Kandouw.

Dalam sambutannya, Sumarsono mengatakan Musrenbang sangat penting untuk mensinkronisasikan program pemerintah daerah sampai pemerintah pusat.bTermasuk dengan sistem pemerintahan presidentil negara Indonesia yang tegak lurus dari bawah ke atas. “Sistem presidentil di negara kita merupakan satu kesatuan pemerintahan yang tegak lurus, mulai dari Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota sampai pemerintahan di desa dan kelurahan,” tukas mantan Penjabat Gubernur Sulut itu.
Dikatakan, meski berbeda-beda warna partai, pemerintahan di Indonesia tidak boleh jalan sendiri-sendiri. “Jangan sampai Presiden jalan ke utara, Gubernur jalan ke Selatan atau Bupati/Walikota jalan ke barat. Sistem pemerintahan presidentil harus sinkron dari atas ke bawah tidak boleh jalan sendiri-sendiri. Meskipun beda warna partai sekalipun kepala daerah dari oposisi tetapi pemerintahannya harus tegak lurus sampai ke presiden,” tandas Sumarsono.

Sementara Vicky mengatakan, Musrenbang RKPD tahun 2019 tingkat Provinsi Sulawesi Utara ini sangat penting bagi Kota Manado. “Karena dalam kegiatan ini, berbagai usulan terkait pembangunan di kota Manado ikut dibahas, termasuk usulan ke pemerintah pusat,” tandas Vicky.

Dirinya berharap, tahun 2019 mendatang akan banyak prioritas pembangunan dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) yang masuk ke Kota Manado. “Kita semua berharap, pada tahun 2019 mendatang ada banyak proyek pembangunan yang mengunakan dana APBN masuk ke Kota Manado,” pungkas Vicky.

Penulis: Linda Setiawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *