TNI AU dan US PACAF Bakal Menggelar Latihan Bersama di Manado

by
Dalam pelaksanaan Initial Planning Conferrence tersebut delegasi dari Lanud Sam Ratulangi dipimpin oleh Letkol Nav Wahyu Pratomo Pujo W.

Manado – Initial Planning Conferrence di awal tahun 2019 membahas tentang Latihan Bersama antara TNI Angkatan Udara dan US PACAF yang kembali akan digelar di Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Manado.

Latihan dengan sandi “Cope West 2019” yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dari kedua negara dalam pertempuran di udara merupakan agenda rutin Lanud Sam Ratulangi sebagai daerah latihan di Koopsau II.

Pembahasan tentang latihan tersebut yang dilaksanakan di Graha Merdeka Kairagi mulai hari Senin (07/01/2019) hingga Kamis (10/01/2019), juga dibarengi dengan survei ke beberapa tempat yang akan dijadikan tempat pelaksanaan Latihan Bersama Cope West tersebut.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya SH MAvn Mgt, dalam sambutannya mengatakan, Lanud Sam Ratulangi selaku pangkalan operasi sudah selayaknya harus selalu siap dalam mendukung pelaksanaan operasi dan latihan yang dilaksanakan di wilayah tanggung jawabnya. “Sehingga sudah kewajiban dari Lanud Sam Ratulangi untuk mendukung sepenuhnya Latma Cope West 2019 ini agar dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Nanjaya.

Dalam pelaksanaan Initial Planning Conferrence tersebut delegasi dari Lanud Sam Ratulangi dipimpin oleh Letkol Nav Wahyu Pratomo Pujo W, dari Sops Mabesau oleh Letnan Kolonel Nav Sonni Benny S dan Mr Raymond Bhunschuh dari PACAF sebagai Excercise Planner yang memimpin delegasi Amerika Serikat.

Latihan Cope West 2019 direncanakan akan melibatkan unsur tempur dari kedua pihak menggunakan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun dan pesawat F-16 dari Skadron Udara 14 Amerika yang berkedudukan di Jepang.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *