Tertutup Kabut, Tingkat Aktivitas Gunung Soputan Level III

by
Visual Gunung Soputan, Selasa 08 Januari 2019 Pkl 05.45 Wita, tertutup kabut.

Mitra – Gunung Api Soputan (1809 mdpl) yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara menunjukan aktivitasnya. Dalam periode pengamatan, Selasa (08/01/2019), pukul 00:00-06:00 Wita, tampak kabut menutupi gunung tersebut.

Secara meterologi, cuaca mendung. Sementara angin bertiup lemah hingga sedang ke arah tenggara. Suhu udara 22-23 °C, kelembaban udara 0-0 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg. Sementara visual, gunung kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.

Guguran, jumlah 2, Amplitudo : 2-3 mm, durasi : 7-20 detik. Hembusan, jumlah : 1, Amplitudo : 10 mm, durasi : 11 detik. Tremor Harmonik, jumlah : 1, Amplitudo : 2 mm, durasi : 7.5 detik. Tektonik jauh, jumlah : 3, Amplitudo : 1-2 mm, S-P : tidak terbaca, durasi : 50-110 detik.

“Kesimpulannya Gunung Soputan dalam status Level III atau siaga,” ungkap Sandy Levran Manengkey dari Pos Pengamatan Gunung Soputan, Rabu (08/01/2019).

Terkait kondisi itu, ada beberapa rekomendasi yang disampaikan kepada warga sekitar. Masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 1.5 km dari puncak Gunung. Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 2.5 km yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

Juga mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan,” pungkas dia.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *