Sejumlah Pesawat Tempur Angkatan Udara Kerajaan Australia Latihan Bersama TNI AU di Manado

by

Manado – Komandan Wing 6 Lanud Rusmin Noerjadin Pekanbaru Kolonel Pnb M. Arwani didampingi CO 1 SQN GPCAPT Chappell Stephen Gareth (OC 82 WING) buka Latihan bersama antara TNI Angkatan Udara dengan Angkatan Udara Kerajaan Australia (Royal Australian Air Force) yang disingkat dengan Latma Elang Ausindo 2019, di Ruang VIP Pemda Sulut, Senin (16/9/2019).

Dalam sambutannya, Komandan Wing 6 Lanud Rusmin Noerjadin Pekanbaru Kolonel Pnb M. Arwani, menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh delegasi Royal Australian Air Force di kota Manado, Indonesia.

Danwing 6 juga mengatakan bahwa tujuan utama dari latihan ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan dan memperkuat hubungan baik antara kedua negara, Indonesia dan Australia, serta secara khusus untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel-personel yang terlibat dalam pengkayaan taktik dan teknik pada operasi udara. ”Perhatikan faktor lingkungan, serta utamakan keselamatan terbang dan kerja dalam setiap kegiatan, Prosedur tetap yang telah disepakati harus dimengerti dan dilaksanakan oleh seluruh peserta latihan dengan sebaik-baiknya”, tegasnya.

CO 1 SQN GPCAPT Chappell Stephen Gareth mengatakan, bahwa dengan adanya latihan bersama ini diharapkan bisa terjalin hubungan erat pertemanan antara TNI AU dan RAAF dan bisa bekerjasama sampai masa akan datang.

Komandan Wing 6 Lanud Rusmin Noerjadin Pekanbaru Kolonel Pnb M. Arwani didampingi CO 1 SQN GPCAPT Chappell Stephen Gareth (OC 82 WING Menyematkan bad Ealng Ausindo 2019.
(Foto Dispenau)

Setelah melaksanakan upacara pembukaan dilanjutkan dengan acara foto bersama dengan latar belakang pesawat F-16 dan F-18 Super Hornet serta ramah tamah dilanjut briefing penerbangan.

Sementara itu Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana. S.E mengatakan, Latihan Elang Ausindo 2019 dilaksanakan  sejak Senin, 16 – 27 September 2019 dengan melibatkan personel TNI AU sebanyak 195 orang dan personel RAAF sebanyak 160 orang, dan pada latihan tersebut TNI AU menggunakan 6 pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon sedangkan RAAF menggunakan 6 pesawat tempur jenis F-18 Super Hornet . “Pada tanggal 18 September 2019 nanti akan dilaksanakan event besar dari TNI Angktan Udara yang bernama Pelangi Nusantara, yang akan dibuka secara resmi di Megamas Manado,” ujar Danlanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Penerangan TNI AU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *