SDN Malalayang Manado Kembangkan Kesenian Nusantara

by
Sjultje Raturandang SPd MPd

Manado-SD Negeri Malalayang Manado saat ini mengembangkan kesenian nusantara, dimana ada 2 pelatih seni dari program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di Sulut yang melatih para siswa.

GSMS Tahun 2018 ini dilaksanakan oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan ini, merupakan program yang dijalankan dalam bentuk program seniman memberikan pembelajaran kesenian pada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah (SD, SMP, SMA/SMK).

Di Kota Manado ada puluhan sekolah baik SD maupun SMP yang mendapatkan program ini, yaitu salah satunya SDN Malalayang Manado.

Kepala SD Negeri Malalayang, Sjultje Raturandang SPd MPd mengatakan, pihaknya sementara mengembangkan kesenian nusantara bagi para siswa. “Seniman masuk sekolah di sekolah kami ada dua pelatih dari seniman masuk sekolah dan mereka mengembangkan tarian Batak, Melayu, Jawa dan Papua,”ujar Raturandang, Rabu (17/10/2018).

Dia mengatakan, ada 40 siswa yang dilatih oleh Stevi Rico Koraag dan Rimo Mangkey serta dibantu 3 guru pendamping yaitu Teresia Wewengkang SPd, Santi Malomis SPd dan Yece Tampi SPd. “Kami berharap agar para siswa bisa berhasil dan sudah bisa mengikuti lomba – lomba tingkat Kota Manado, Provinsi sampai  tingkat nasional,” harapnya.

Raturandang menambahkan, seniman masuk sekolah sudah dimulai sejak bulan Agustus dan akan berakhir pada bulan Oktober 2018.

 

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *