Sangsi Tegas Menanti Pegawai Cabdin Minut-Bitung Jika Terbukti Pungli Pengurusan PAK

by
Foto: Kepala Dikda Sulut, dr Grace Punuh M.Kes saat menerima ratusan guru yang melakukan pengurusan PAK di Dikda Sulut.

Manado – Setelah pengurusan Usulan Penetapan Angka Kredit (PAK) Jabatan Guru diserahkan pada Cabang Dinas Dikda Kabupaten kota, maka pengurusan tersebut menjadi tanggung jawab Dinas Cabdin setempat.

Pengurusan PAK pun dikumpul melalui cabang dinas setempat dan juga bisa dikirim melalui POX 8888.

Dengan adanya pengurusan PAK dicabdin maka ada juga oknum pegawai yang memanfaatkan pengurusan itu dengan meminta uang pada guru.

Hal ini terungkap dalam pertemuan para guru yang mengurus PAK di Dikda Sulut dengan Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh pada Kamis (1/8/2019) di ruang Ipteq Dikda Sulut.

Pada tanya jawab tersebut terungkap ada salah satu guru yang mengurus PAK berkasnya dimasukkan di Cabdin Minut – Bitung dan dia diminta uang oleh oknum pegawai yang ada disitu. “Kami ibu Kadis diminta uang oleh oknum pegawai saat memasukkan berkas PAK katanya sebagai uang jalan mereka,” ungkapnya.

Kata dia, sambil meminta tolong agar oknum seperti itu ditindak tegas karena merugikan kami dan memperlambat berkas kami.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh langsung merespon apa yang diungkapkan guru tersebut dengan meminta dirinya untuk memberikan bukti siapa oknum tersebut dan kalau terbukti akan ditindak tegas. “Silahkan masukkan pada saya siapa oknum tersebut yang meminta uang pada ibu dan akan saya panggil secepatnya termasuk Kacabdinnya untuk diproses lebih lanjut,” kata Punuh.

Lanjut Punuh dengan nada kecewa yakni akan memberikan sangksi tegas pada oknum tersebut kalau terbukti bersalah.

Lanjut Punuh, kalau ada oknum yang lain meminta sejumlah uang dalam pelayanan di Dinasnya agar diberitahu dengan membawakan bukti supaya secepatnya akan di tindak tegas. “Silahkan para guru yang lain melaporkan kalau ada anak buah saya yang melakukan pungutan liar dengan melengkapi bukti,” harapnya.

Persoalan tersebut terungkap saat Kadis Dikda Sulut, Grace Punuh mengumpul ratusan guru yang mengurus PAK mereka di Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK ) di ruang Ipteq Dikda Sulut.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *