Roadshow Indosat IDCamp ke 18 di Kampus Unsrat Manado

by

Manado – Untuk mendukung perkembangan talenta digital tanah air, Indosat menggelar roadshow ke sejumlah universitas di Indonesia dan pada minggu ke 10 sejak peluncuran Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp), roadshow IDCamp ke 18 pada Selasa 8 Oktober 2019 digelar di Universitas Sam Ratulangi Manado.

Pada roadshow IDCamp di Unsrat Manado berlansung sukses karena antusiasme para mahasiswa yang datang sangat tinggi.

Menurut Head of Region Kalimantan & Sumapa, Prio Sasongko, Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp), mengadakan roadshow ke sejumlah universitas di Indonesia dan akan terus berlanjut, dan Roadshow ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan IDCamp yang berisi sharing session dan talkshow mengenai perkembangan industri digital di Indonesia. “Hari ini roadshow IDCamp dilaksanakan di Universitas Sam Ratulangi – Manado yang merupakan kampus ke18 dan akan terus dilanjutkan ke berbagai kampus terkemuka di Indonesia dan kami sangat bangga melihat antusiasme tinggi dari masyarakat untuk mengikuti IDCamp,” ungkapnya saat jumpa pers Selasa (8/10/2019).

Kata Prio, sampai saat ini sudah ada 22.000 peserta dan yang paling banyak dari mahasiswa disusul siswa SMA dan SMP serta masyarakat umum lainnya, dan kedepan Indosat juga akan merekrut 100 orang menjadi karyawan sesuai hasil seleksi. “Kami tetap mengajak para generasi muda untuk mendapatkan beasiswa bahasa coding ini dan melihat tingginya antusiasme peserta, pendaftaran IDCamp akan diperpanjang sampai 18 Oktober 2019. Kami yakin IDCamp akan melahirkan talenta-talenta muda digital berbakat untuk bersaing dengan talenta global serta ikut berperan memajukan ekonomi digital Indonesia,” katanya.

Lanjut Prio, selama satu bulan proram berjalan, peserta IDCamp didominasi oleh mereka yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa dengan persentase sekitar 65% dari total pendaftar. Dunia coding juga semakin diminati oleh peserta bahkan sejak usia siswa SMP, dimana IDCamp menerima peserta dengan pendidikan terakhir SMP/MTS sebanyak 3%, SMA/SMK dengan 49%, dan perguruan tinggi sebanyak 47 % dari total peserta. “Membawa tagline: Kuasai Bahasa Masa Depan, Hari ini! peserta IDCamp tidak terbatas pada gender dan kondisi fisik seseorang. Peserta perempuan tercatat cukup tinggi sebesar 20% dari total pendaftar. Begitu pun dengan penyandang disabilitas yang mencapai 2% dari total peserta,” jelasnya.

Lanjut dia, tingginya kebutuhan talenta digital dan kesempatan kerja di bidang teknologi digital, menjadi dasar Indosat Ooredoo meluncurkan program IDCamp. Indosat Ooredoo mengajak generasi muda yang berminat menggeluti bidang teknologi digital, dengan memberikan beasiswa belajar coding secara online yang mencakup modul Developer Android, Kotlin Android, dan Progressive Web Application, untuk tingkat beginner dan expert. “Kami juga menyediakan pelatihan offline (tatap muka) bagi calon-calon developer yang memiliki keterbatasan (difabel),” katanya.

Menurut dia, untuk Informasi lebih lanjut dapat mengakses idcamp.indosatooredoo.com Selain IDCamp, Indosat Ooredoo juga memiliki Program IM3 DigiTalent bagi para siswa siswi setingkat SMP dan SMA di Indonesia. Program ini mengajak dan menantang generasi muda untuk berani dan kreatif
dengan memberikan tantangan tematik yang mengangkat aspek inspiratif mengenalkan budaya lokal, ekspresi bakat dan hal menarik di sekolah. “Para peserta berkesempatan mendapatkan beasiswa total Rp 1 miliar rupiah hanya dengan mengunggah karya video kreatif mereka ke Youtube dan mendaftarkannya ke
im30oredoodigitalent.com Tim dari Indosat Ooredoo akan membantu mendaftarkan sekolah sebelum peserta dapat mengirimkan karya mereka,” jelas dia.

Dia menjelaskan, Program kompetisi Digital Talent ini akan berlangsung sejak 1 September sampai 31 Oktober 2019 dengan roadshow yang dilaksanakan ke 1.200 sekolah di seluruh Indonesia.

Indosat Ooredoo (IDX: ISAT), bagian dari Ooredoo Group, adalah perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yang memberikan akses dan konektivitas kepada setiap orang dan bisnis, Indosat Ooredoo ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang lebih baik melalui dunia digital Pada semester 1 tahun 2019, Indosat Ooredoo memiliki 56,7 juta pelanggan dan mengoperasikan 24,874 BTS 4G di 475 kota dan mencakup 82,9% total populasi penduduk di Indonesia.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *