Perkemahan Pramuka SMKN 1 Manado

by
Menurut Kepala SMK Negeri 1 Manado, Moodie Lumintang, perkemahan Pramuka bagi siswa bertujuan untuk pendidikan karakter bagi mereka.

Manado- Sebanyak 745 Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Manado mengikuti Kemah Pramuka Pendidikan Karakter bekerja sama dengan Kodam 13 Merdeka selama 2 hari , 02- 03 November 2018 di Kipan Tateli Minahasa.
Menurut Kepala SMK Negeri 1 Manado, Moodie Lumintang, perkemahan Pramuka bagi siswa bertujuan untuk pendidikan Karakter bagi mereka. “Kami lakukan ini untuk membina karakter para siswa yang berlandaskan norma-norma agama, jiwa nasionalisme, patriotisme, heroisme dan cinta tanah air, disamping untuk meningkatkan kemampuan belanegara serta menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan,” ungkapnya.
Moodie menjelaskan, setelah selesainya kegiatan perkemahan diharapkan para peserta memiliki karakter kebangsaan dan kemampuan bela negara, memiliki jiwa kemimpinan serta terjalinnya persahabatan dan persaudaraan serta persatuan dan kesatuan yang kuat antar para siswa. “Ada empat fungsi pendidikan karakter yang harus dipahami dan diimplementasikan oleh para siswa, antara lain pertama sebagai perilaku yang sesuai dengan norma-norma agama dan budaya, sebagai modal untuk memantapkan rasa percaya diri, sebagai pendorong mental kemandirian. Keempat sebagai sarana untuk memperkuat keteguhan, semangat, daya juang dan daya tahan,” jelas Moodie.
Dijelaskan Moodie, pendidikan karakter bagi para siswa menjadi bagian penting dalam rangka meraih sukses masa depan. Sebab, IQ belum sepenuhnya menjadi jaminan kesuksesan, tetapi jika IQ tinggi dibarengi dengan ESQ (Emotional Spiritual Quotion), yang tinggi pula, akan mempermudah kesuksesan di masa depan.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *