Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap untuk Warga Minahasa

by
Dondokambey mengatakan, PTSL adalah satu program strategis pemerintah yang dilaksanakan secara berkesinambungan.

Tondano – Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Sawangan, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran 2019 berlangsung, Senin (28/01/2019).

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Kepala BPN Minahasa Ramilin Sinurat SH, Kejari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani SHMKn, Wakapolres Minahasa Kompol. Alkat Karouw SSos, Danramil Tondano Pelda Jhonny Bura dan Camat Tombulu Sony Saina SH hadir dalam kegiatan itu.

Dalam sambutannya, Dondokambey mengatakan, PTSL adalah satu program strategis pemerintah yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan teratur meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam suatu wilayah baik desa maupun kelurahan.

Dia menyampaikan, Pemkab Minahasa sangat mendukung program PTSL. Karena sesuai dengan surat keputusan bersama 3 Menteri tentang PTSL, memerintahkan kepada pemerintah kabupaten untuk ikut mempercepat proses PTSL ini.

“Di sisi lain juga masih banyak masyarakat kabupaten minahasa yang belum memiliki surat tanah, sehingga terkadang hal tersebut memicu masalah yang berujung pada konflik hukum,” ujar dia.

Dia menambahkan, Pemkab Minahasa akan memberikan mendukung terhadap kegiatan sosialisasi PTSL dan Gerakan Pemasangan Tanda Batas seperti ini, sekaligus mengerahkan jajarannya untuk membantu Kantor Pertanahan Minahasa. Khususnya dalam mengumpulkan data masyarakat yang ikut program PTSL.

“Saya optimis program yang penting dan baik ini, akan membawa dampak positif dalam kehidupan masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa, pada muaranya akan meningkatkan kesejahteraan serta minahasa yang semakin hebat kedepannya,” tutur Dondokambey.

Kepala BPN Minahasa dalam sambutannya menjelaskan tentang ketentuan umum bahwa pendaftaran tanah adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah secara terus menerus, berkesinambungan dan teratur.

Kegiatan itu meliputi pengumpulan, pengolahan, pembukuan, dan penyajian serta pemeliharaan data fisik dan data yuridis dalam bentuk peta dan daftar mengenai bidang-bidang tanah dan satuan.

Penulis: Ron RJM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *