Ombudsman Sulut Ancam Laporkan Kepsek ke Polisi

by
Rapat tersebut diikuti ratusan Kepala SMA, SMK, MA, SLB negeri maupun swasta se-Sulawesi Utara.

Manado – Kepala Perwakilan Ombudsman Sulut, Helda Tirayoh saat menjadi narasumber pada rapar koordinasi pendidikan dengan ratusan Kepala Sekolah di Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, Senin (05/11/2018), mengancam para Kepsek kalau lakukan pungutan liar di sekolah akan dilaporkan kepolisi.
“Ya kalau kalian para Kepsek ditemukan ada pengaduan telah melanggar Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009, maka kami tidak sungkan akan meneruskan rekomendasi laporan tersebut sampai pada pihak kepolisian. Dan kami akan kawal terus sampai pada putusan,” ancam Tirayoh.
Kata Tirayoh, jangan sampai para kepsek melakukan pungli dengan cara ilegal dan tidak melalui proses pungutan secara undang-undang. “Ada cara melakukan pungutan disekolah secara undang-undang di mana harus membuka rekening sekolah bukan pribadi. Harus diaudit oleh pemeriksa independen dari BPK dan uang tersebut wajib juga dilaporkan pada Mendikbud RI,” ungkapnya.
Dijelaskan Tirayoh, kenyataan sekarang pihak sekolah hanya membuka rekening pribadi dan pungutan tersebut dilakukan oleh Komite sekolah tanpa diaudit oleh lembaga independen. “Jangan sampai kesalahan ini terjadi lagi dan hanya memperkaya diri sendiri tanpa dirasakan siswa itu sendiri, dan juga jangan sampai UU pelayanan Publik dikalahkan dengan UU lain,” ungkapnya.
Lanjutnya, silahkan juga pergunakan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) dengan ketentuan yang ada. “Cukup atau tidak itu harus dipergunakan dengan cara profesional dan jangan menambah beban pada orang tua siswa,” kata Tirayoh.
Terkait dengan rancangan Peraturan Daerah Pendidikan yang akan diusulkan oleh Dinas Dikda Sulut, Kata Tirayoh, jangan sampai bertentangan dengan UU Pelayanan Publik. “Silahkan berkonsultasi dengan kami agar masukkan akan kami berikan dan jangan sampai sudah disahkan perda tersebut ternyata bertentangan dengan UU pelayanan Publik,” cetusnya.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *