Oknum ASN di Minsel Diduga Palsukan AJB

by

Manado – Persoalan kepemilikan tanah kembali mencuat. Kali ini diduga melibatkan seorang oknum Aparat Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) berinisial L alias Luk.
L diduga telah memalsukan Akta Jual Beli (AJB) sebidang tanah seluas kurang lebih 390 M2 di Desa Tumpaan Satu, Kecamatan Tumpaan, Minsel.
Kasus itu bermula saat proses jual beli tanah tersebut dari Ali Mokodompit kepada anaknya, Sintia Mokodompit dengan Register Desa Nomor : 02/KEC/TPN/IX-2018 pada tanggal 18 September 2018. Jual beli itu kemudian dikuatkan dengan AJB bernomor : 02/2018 yang dikeluarkan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS), Jimmy F Tumiwa tertanggal 25 September 2018.
Oknum PNS di Kantor Kecamatan Tumpaan ini diduga kuat mendalangi proses pembuatan AJB yang juga diduga palsu. Luk ikut menjadi saksi dalam pembuatan AJB tanah yang digarap Keluarga Masloman.
Informasi yang dihimpun, terungkapnya kasus ini saat proses mediasi antara Keluarga Masloman dan Keluarga Mokodompit oleh Pemerintah Desa setempat. Pada pertemuan itu, Hukum Tua (Lurah), Ansje Mintalangi sempat mempertanyakan keabsahan AJB tersebut yang dianggap janggal.
Kejanggalan yang dimaksud yaitu Hak Milik/Hak Pakai (bangunan rumah/pekarangan) atas sebidang tanah Pasini dengan Persil Nomor Register. 003 Blok Kohir Folio 002 yang tidak ada dalam register desa. Kemudian tidak adanya pengumuman pengukuran tanah, berita acara pengukuran tanah, surat keterangan jual beli dan surat keterangan saksi. “Kami menduga AJB itu palsu. Kami akan menempuh jalur hukum jika AJB itu tidak dibatalkan,” ujar salah satu perwakilan Keluarga Masloman, Selasa (06/11/2018).
Hukum Tua Desa Tumpaan Satu, Ansje Mintalagi sudah berupaya dikonfirmasi wartawan terkait hal ini namun belum memberikan jawaban.
Sedangkan Camat Tumpaan, Jimmy F Tumiwa saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan WhatsApp menjabab singkat bahwa AJB tersebut sudah dicabut dan dibatalkan.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *