Nasi Pulo, Kuliner Khas Pulau Manado Tua

by
Nasi Pulo. (foto: drevy malalantang)

Manado – Berbagai kuliner khas yang dapat dijumpai di Kota Manado dan sekitarnya. Sebut saja lalampa, panada, koyabu dan lain-lain. Nah, salah satu kuliner khas di Pulau Manado Tua adalah Nasi Pulo.

Kuliner ini terkesan sangat sederhana namun memiliki cita rasa dan keunikan yang tidak dijumpai pada kelompok kuliner jajanan pasar di Manado.

Nasi Pulo ini mirip kue lalampa atau lemper yang berbahan dasar beras ketan putih. Lain halnya lalampa dikombinasi dengan ikan sedangkan nasi terbuat dari beras pulo/ketan yang dimasak dengan santan kelapa diberi sedikit garam, dan diberi topping kelapa mengkal yang dicampur dengan gula aren.

Presentasi akhir Nasi Pulo disajikan dibungkus dengan daun pisang sehingga unsur kearifan lokal sangat kental dalam kemasan Nasi Pulo ini.

“Salah satu keunikan Nasi Pulo ini, tidak diproduksi setiap hari untuk dikonsumsi atau dijual, melainkan Nasi Pulo diproduksi masyarakat di Pulau Manado Tua hanya atas permintaan khusus,” ujar Drevy Malalantang, Direktur STIEPAR Manado, yang getol mengkampanyekan Pulau Manado Tua sebagai destinasi baru wisata di Manado.

Harga sebuah Nasi Pulo, oleh masyarakat dijual seharga Rp 1500. Mau cicip Nasi Pulo, berwisata lah ke Pulau Manado Tua.

Editor: Agust Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *