Manado Tua Siapkan 10 Home Stay

by
Kegiatan Dies Natalis STIEPAR Manado di Pulau Manado Tua. (foto: stiepar manado)

Manado – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) Manado kembali mengunjungi dan berbaur dengan masyarakat Pulau Manado Tua dalam pelaksanaan kegiatan Tri Darma perguruan tinggi, Jumat-Senin (6-9/04/2018).

Drevy Malalantang. Direktur STIEPAR Manado mengatakan civitas akademika STIEPAR Manado berada di Pulau Manado Tua selama empat hari untuk melaksanakan beberapa kegiatan di pulau yang kini dikembangkan menjadi destinasi pariwisata baru di Manado ini.

“Kemudian kedatangan ini juga dalam rangka Tri Darma perguruan tinggi. Kegiatan yang melibatkan mahasiswa dan dosen antara lain adalah penyuluhan sadar wisata bagi masyarakat, diskusi tentang paket wisata di Pulau Manado Tua, workshop tentang pengelolaan menu berdasarkan standar internasional,” ujarnya, Senin (9/4/2018).

Selain itu, kata dia, berbagai kegiatan seperti berwisata hikking ke puncak gunung, camping, trekking dan gowes sepanjang jalan lingkar Pulau Manado Tua dan demo cooking berstandar hotel oleh Mahasiswa STIEPAR Manado.

Nampak masyarakat sangat antusias menghadiri dan mengikuti kegiatan penyuluhan dan workshop yang dihadiri pemerintah setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat umum lainnya

“Setelah kegiatan penyuluhan dan workshop nantinya akan dilanjutkan dengan pembentukan kelompok sadar wisata serta berbagai pelatihan seperti pengelolaan homestay, pengolahan makanan, dan pemanduan wisata,” ujar Drevy lagi.

Narasumber dalam kegiatan ini masing masing Drevy Malalantang selaku Direktur STIEPAR, Missel Rumagit selaku pemerintah Manado Tua, Imanuel Mandak guide mountenering, Nikky Muswar selaku Kepala SMK Nusantara Kepulauan, Stanly Baculu dari Tim DSRA dan Raymond Pasla penikmat pariwisata.

Missel Rumagit, Lurah Manado Tua menyampaikan bahwa setelah kegiatan ini pihaknya akan menyiapkan 10 buah rumah masyarakat yang akan dijadikan homestay untuk para wisatawan sambil menunggu pelatihan lanjutan untuk cara mengelola home stay dari dari dinas pariwisata.

Selain itu Drevy meminta kepada lurah agar 50 anggota masyarakat yang akan dilatih menjadi pemandu wisata di Manado Tua dan pengurus kelompok kerja sadar wisata yang akan dibentuk kemudian.

Drevy dalam paparanya selain membahas tentang pentingnya peran masyarakat dan peningkatan kualitas SDM dalam pengelolaan destinasi pariwisata, juga menyampaikan rencana tindak lanjut permbukaan SMK Nusantara di Pulau Manado Tua dan akan menerima siswa baru pada tahun ajaran 2018 ini.

Dalam kegiatan itu juga melibatkan mahasiswa STIEPAR yang memaparkan hasil diskusi tentang beberapa jenis paket wisata dapat dijual dan dikonsumsi oleh wisatawan yang akan menikmati keindahan alam Pulau Manado Tua.

Antara lain pengamatan satwa, wisata hikking, trekking, camping dan biking. Pada akhir kegiatan Drevy langsung meninjau rencana lokasi yang akan dibangun Sekolah Menengah Kejuruan yang bertema “Sekolah tak berdinding” itu.

Editor: Agust Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *