Listrik Padam, PLN Dinilai Ganggu PPDB Online SMA dan SMK di Manado

by

Manado – Pelaksanaan serentak penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online di Indonesia khususnya di Sulut bagi SMA dan SMK telah berlangsung sejak 24 – 28 Juni 2019.

Dalam hari kedua, pada Selasa (25/6/2019) pelaksanaan PPDB Online dibeberapa sekolah di Manado seperti SMAN 4 Manado, SMKN 9 Manado dan SMAN 6 Manado terjadi gangguan penerimaan karena adanya pemadaman listrik dari PLN yang tidak ada pemberitahuan.

Penerimaan serentak PPDB secara online di seluruh Indonesia ini hanyalah mengandalkan listrik dalam sistem onlinenya.

Kepala SMA Negeri 4 Manado, Dr Lile N Wuisan M.Pd merasa kecewa adanya pemadaman sepihak oleh PLN Manado yang tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu. “PPDB online kami terganggu karena adanya pemadaman sepihak yang dampaknya terhentinya penerimaan siswa baru,” kata Wuisan.

Kata dia, pemadaman terjadi dari pukul 10.30 Wita pagi hingga pukul 13.30 Wita dan banyak orang tua siswa langsung pulang kerumah dengan kecewa karena tidak ada pelayanan karena sistem terputus. “Saya berharap PLN bisa mendukung PPDB online yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia khususnya di Sekolah kami,” ungkap dia.

Sementara hal yang sama diungkapkan Kepala SMK Negeri 9 Manado, Noldy Pangemanan SPd. Kata dia, PPDB Onlinenya sempat terganggu karena adanya pemadaman listrik sepihak oleh PLN. “Kami pihak sekolah tidak bisa melanjutkan PPDB online karena adanya pemadaman listrik dan ini merugikan pihak sekolah dan orang tua siswa,” jelas dia.

Kata dia, banyak orang tua kecewa karena harus balik lagi kesekolah besok dengan akan mengeluarkan biaya tambahan untuk balik kesekolah lagi.

Menejer PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado, Kuswantono saat dikonformasi melalui WhatsApp mengatakan, pemadaman terjadi karena adanya pemeliharaan dibebrapa jaringan dilokasi tersebut. “Kami tidak ada pemberitahuan jadwal PPDB online dari Dikda Sulut agar kami bisa mengantisipasi,” ujar dia.

Kata dia, sampai saat ini PLN Manado tidak menerima surat pemberitahuan dari Dikda Sulut.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut, dr Grace Punuh MKes yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMA, Arthur Tumipa MPd mengatakan, seharusnya PLN sudah tahu kalau sekarang ini ada PPDB online bagi SMA dan SMK. “PPDB Online ini kan dilaksanakan serentak di indonesia dan seharusnya PLN sudah tahu dan Dikda Sulut tidak perlu mengeluarkan surat pemberitahuan,” ungkap dia.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *