Lemkari Sulut Gelar Kenaikan Sabuk

by

Manado – Belum lama ini Lembaga Karate – Do Indonesia (Lemkari) khususnya Lemkari Sulut mengadakan kenaikkan Sabuk bagi para Kohay (Murid).

Khusus untuk Lemkari SAADA Dojo Paniki Manado, semua Kohay (Murid) diikutkan dalam kenaikkan sabuk tersebut. “Utusan Lemkari SAADA Dojo Paniki adalah yang terbanyak pada kenaikkan sabuk kali ini,” ungkap Pelatih sekaligus pengurus Lemkari Saada Dojo , Susanto Saada.

Tim penguji sendiri kata Susanto, dari Lemkari Sulut yang sudah menyandang DAN 4,5,6 dan dipimpin langsung oleh ketua Lemkari Sulut, Dr Adri Manengkey yang sudah karateka DAN 5.

“Naik sabuk kali ini Lemkari SAADA Dojo Paniki ada 58 Kohay (Murid) yaitu terdiri dari sabuk putih ke kuning 34 murid, sabuk kuning ke hijang 5 murid, sabuk hijau ke biru 14 murid dan biru ke coklat 5 murid,” ungkap Susanto yang sehari – hari bekerja sebagai ASN di SKPD Pemerintah Provinsi Sulut ini.

Lanjut dia, saat ini Lemkari SAADA Dojo Paniki fokus melatih para Kohay (Murid) untuk menjadi calon atlet yang akan diikutkan diberbagai macam kejuaraan baik kota, provinsi sampai nasional serta internasional. “Kami terus fokus melatih para kohay untuk bisa cepat mengerti dan paham agar bisa dipilih dan diikutkan dalam berbagai macam pertandingan nantinya,” ungkap dia.

Sementara Putri Nuraini Pinontoan kohay (murid) yang dinaikkan sabuknya dari biru ke coklat mengungkapkan, dirinya sangat senang bisa bergabung dan belajar bela diri di Lemkari SAADA Dojo. Karena selain memiliki teman banyak, juga bisa belajar menjaga diri sendiri. “Belajar karate selain bisa membela diri sendiri, juga bisa menjadi atlet dan bisa merubah karakter baik ahlak dan iman menjadi lebih baik,” ujar Putri anak dari Yenni Madina ini.

Menurut Putri yang saat ini duduk dibangku SMP Negeri 14 Manado kelas 8 ini, dirinya bercita – cita ingin menjadi Polisi Wanita (Polwan). Kata dia agar bisa mengabdi pada negara dan membela pada yang benar.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *