LBH Manado Gelar Workshop Pembentukan Jaringan OBH

by
Tim YLBHI-LBH Manado bersama peserta workshop dan perwakilan Kanwil Kemenkum HAM Sulut.

Manado – Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) melalui Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Manado, menggelar workshop Pembentukan Jaringan Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang diikuti oleh puluhan OBH dari sejumlah Kabupaten Kota di Sulawesi Utara (Sulut).

Direktur LBH Manado Jekson Wenas SH mengatakan, kegiatan itu digelar dalam rangka memperkuat jaringan OBH yang ada, dengan tujuan memperluas akses bantuan hukum bagi masyarakat miskin dan buta hukum. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari tanggal 20-21 September 2018 di Manado, diikuti oleh 20 peserta dari 17 OBH. Sedangkan tema kegiatan “Menakar Peluang dan Tantangan Organisasi Bantuan Hukum di Sulut”. “Harapan kami ke depan semua masyarakat bisa mendapat bantuan hukum agar keadilan bisa diterapkan terutama bagi masyarakat miskin yang sulit mendapat akses bantuan hukum,” terang Jekson, Rabu (19/9/2018).

Menurutnya, saat ini masih ditemukan beberapa tantangan yang menghambat akses terhadap keadilan di Sulut, terutama dalam kaitannya dengan bantuan hukum. Pertama, kurangnya pengacara bantuan hukum dan OBH. Kedua, kebutuhan untuk meningkatkan kualitas organisasi bantuan hukum sebagai lembaga. Ketiga, dukungan yang terbatas kepada organisasi bantuan hukum yang bekerja pada isu-isu keadilan gender. Keempat, kebijakan tentang akreditasi-verifikasi dan peraturan daerah tentang bantuan hukum telah menjadi tantangan lain dalam mengupayakan akses ke keadilan. Kelima, sebagian besar organisasi bantuan hukum yang ada tidak memiliki kapasitas yang memadai dalam manajemen kasus, yang mungkin berdampak negatif pada kualitas layanan yang diterima oleh penerima manfaat. Dan keenam, lemahnya kemampuan organisasi bantuan hukum dalam menggunakan teknologi informasi dan manajemen basis data. “Untuk itu ke depan kita akan melakukan  penguatan pemahaman akses keadilan melalui OBH dan meminta kesediaan peserta untuk berkomitmen dalam pembentukan Jaringan OBH Se-Sulawesi Utara,”kata Jekson.

Dalam workshop itu hadir pula perwakilan Kanwil Kementiran Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sulut yang menjadi pemateri tentang pengesahan dan Akreditasi OBH di Sulut.

 

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *