Kepala Sekolah Mengeluh, Dana BOS Belum Cair

by
dr Grace Punuh MKes

Manado – Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah BOS) hingga berakhirnya  triwulan 3 dan sudah masuk pada triwulan 4 Tahun  2018 ini, belum juga mampu dicairkan. Kinerja Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut yang dipimpin dr Grace Punuh MKes dikeluhkan sejumlah kepala sekolah (Kepsek).

Sebagian besar kepala sekolah baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK mengeluhkan adanya keterlambatan dana BOS, karena menurut mereka operasional sekolah harus terus berjalan jangan sampai terganggu.

Menurut salah satu kepsek, sampai kini sudah memasuki triwulan 4 namun dana BOS belum juga dicarikan. “Kami sudah menyerahkan laporan nihil sejak bulan Mei tapi sampai sekarang dana BOS belum ditransfer,” ungkapnya.

Dia mengatakan, saat ini sudah tidak boleh lagi mengumpulkan dana bantuan dari komite atau pun sumbangan, sehingga mereka hanya berharap dana BOS.

“Untuk membuat sekolah agar bisa jalan maka kami dengan terpaksa meminjam uang kepihak lain dan akan diganti kalau dana BOSnya sudah cair,” jelasnya.

Menurutnya, kalau pihak sekolah tidak mengambil jalan keluar, maka sekolah tidak akan jalan KBM sekolah.

Seperti biasa,alas an klasik dari pihak Dinas Dikda adalah masih dalam proses pencarian. Dan keterlambatan itu karena persoalan administrasi, di mana sekolah-sekolah beum memasukan laporan.

 

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *