Kemendikbud – UII Yogyakarta Gelar Tes Minat Bakat Siswa di Sulut

by
85 siswa dari 6 sekolah di Manado mengikuti tes yang berlangsung di gedung teater SMK Negeri 1 Manado, Rabu (24/10/2018).

Manado – Untuk membantu identifikasi minat dan bakat siswa afirmasi dari wilayah Sulut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI bekerjasama dengan pusat psikologi terapan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menyelenggarakan tes minat dan bakat siswa.
Ketua Tim UII Yogyakarta, Ratna menjelaskan, tes minat dan bakat siswa adalah program pendampingan minat bakat dan Potensi Siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) wilayah Daerah 3T merupakan daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia tahun 2018.
Kata Ratna, kegiatan yang diikuti 85 siswa dari 6 sekolah di Manado tersebut berlangsung di gedung teater SMK Negeri 1 Manado selama satu hari pada Rabu (24/10/2018). “Fakultas UII Yogya ini adalah salah satu fakultas dari empat fakultas se Indonesia yang dipercaya oleh Kemdikbud. Ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan bagi kami,” ujar Ratna.
Menurutnya, kegiatan tes minat bakat siswa dilaksanakan di 12 Provinsi di Indonesia dan hasilnya akan diserahkan ke Kemendikbud. “Hasil ini juga bisa menjadi referensi pihak sekolah untuk melihat siswanya yang memiliki kemampuan keahlian agar dapat dikembangkan,” kata dia.
Ratna menjelaskan, siswa yang mendapatkan hasil yang terbaik akan diberikan beasiswa dari Kemendikbud sampai melanjutkan kuliah. “Tes minat dan bakat siswa ini bisa mengukur tingkat kemampuan para siswa,” ungkapnya.
Kepala SMKN 1 Manado, Moodie Lumintang mengatakan, sekolahnya sangat beruntung bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan tes minat dan bakat siswa. Dia mengungkapkan, dari SMKN 1 Manado ada 12 siswa yang ikut. Selanjutnya SMAN 9 Manado (22 siswa), dan sekolah lainnya seperti SMAN 1 Manado, SMK Yadika Manado, SMA Lokon dan SMKN 2 Manado.
Dijelaskan Lumintang, para siswa yang telah ikut tes dan sudah terlihat minat dan bakatnya akan dilakukan pendampingan dan pembinaan agar siswa tersebut bisa mengembangkan keahliannya.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *