Kapolda Datangi Kantor KPU Sulut, Ada Apa?

by
Kapolda Sulut Irjen Pol Dr R Sigid Tri Hardjanto didampingi Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo dan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh saat memberikan keterangan di depan awak media. (Foto: Humas Polda Sulut).

Manado – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Dr Remegius Sigid Tri Hardjanto SH MSi, Jumat (11/1/2019) siang, menyambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut. Ada apa?

Kedatangan mantan Direskrim Polda Sulut itu untuk memastikan dan meberikan dukungan penuh pengamanan Pemilu 2019 pada bulan April mendatang.

Kehadiran mantan Ketua STIK Lemdiklat Polri ini, disambut hangat oleh Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh didampingi Koordinator Divisi Teknis, Yessi Momongan.

Pada pertemuan itu, Kapolda mengawali dengan perkenalan singkat sebagai pejabat baru di Polda Sulut sekaligus untuk mempermudah komunikasi terutama menyangkut Pam Pemilu.

Dalam pertemuan tersebut Kapolda bersama KPU Sulut membahas masalah Pemilu 2019 terutama menyangkut pengamanan dan logistik Pemilu di aula KPU Sulut.

“Kunjungan kami ke sini untuk bersilaturahmi, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan persiapan KPU Sulut menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, siapa tahu bisa diatasi bersama,” ucap dia.

Irjen Remegius berharap, pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 berjalan dengan aman dan lancar hingga pada hari Pencoblosan nanti.

“Soal pengamanan sudah diatur dan berjalan sesuai SOP. Polda Sulut dan seluruh jajaran total siap membantu mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Sulut,” tegas dia.

Ketua KPU berterima kasih kepada Kapolda atas kunjungan ini. Mewoh mengatakan, menjelang Pemilu 2019 pihak kepolisian mempunyai posisi strategis dalam hal pengamanan.

“Mari kita bangun koordinasi dan komunikasi yang efektif antara pihak keamanan bersama penyelenggara Pemilu,” ajaknya.

Mewoh menjelaskan, tahapan Pemilu 2019 hingga saat ini berjalan lancar dan baik, belum ada gangguan signifikan terhadap proses tahapan penyelenggaraan. Terkait logistik Pemilu, lanjutnya, untuk surat suara ditargetkan Maret sudah selesai didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota.

“Nantinya logistik Pemilu dijaga dan diamankan oleh pihak kepolisian, sesuai hasil supervisi di akhir 2018 lalu, dengan menempatkan personel kepolisian setempat,” terangnya.

Sedangkan untuk pengamanan kantor KPU yang merupakan obyek vital, imbuh Ketua KPU Sulut, di seluruh KPU kabupeten/kota di Sulut sudah ditempatkan personel kepolisian.

“Di kantor KPU Sulut ada delapan orang, bergantian untuk tugas pengamanan,” tambahnya.

Turut mendampingi Kapolda Sulut dalam kunjungan tersebut, Karoops Kombes Pol H Yohanes Soeharmanto SH SIK, Dirintelkam Kombes Pol Budhy Herwanto SH MH dan Kabid Humas, Kombes Pol Ibrahim Tompo SIK MSi.

Penulis : Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *