Janji Pencairan Dana BOS Triwulan IV tak Kunjung Terealisasi

by
Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes

Manado – Berulang kali Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut menjanjikan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Triwulan IV, namun hingga kini janji tinggal janji. Belum juga terealisasi.

“Hingga kini belum juga terealisasi. Padahal sudah beberapa kali dijanjikan segera cair. Alasannya macam-macam,” ujar salah satu Kepala SMA di Manado.

Dia mengatakan, keterlambatana dana BOS itu akhirnya berujung pada operasional sekolah dengan berbagai kebutuhannya. “Terpaksa kami meminjam ke pihak ketiga untuk memenuhi kebutuhan sekolah,” tandas dia.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut, dr Grace Punuh MKes diwakili Ketua Manajemen Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Tedi Rondonuwu saat dikonfirmasi, Selasa (04/12/2018) menjelaskan, pencairan dana BOS triwulan IV ditargetkan pada minggu ini sudah masuk ke rekening sekolah masing-masing. “Kami menargetkan minggu ini semua sekolah mulai SD, SMP, SMA, SMK negeri maupun swasta sudah menerima dana BOS triwulan IV,” kata dia.

Dijelaskan Rondonuwu, proses penerbitan Surat Perintah Membayar ( SPM) sudah selesai, Selasa (04/12/2018) dan satu hari sesudahnya semua sudah ada Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Selanjutnya Jumat 7 Desember 2018 sudah ditransfer ke sekolah. “Anggaran dana BOS untuk triwulan IV mencapai Rp 90 miliar lebih,” jelas Rondonuwu.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *