Ini Kondisi Terkini Gunung Karangetang

by

Siau – Bagaimana kondisi terkini Gunung Api Karangetang (1.784 mdpl) yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara?

Dalam periode pengataman, Sabtu (05/01/2019), mulai pukul 06:00 -12:00 Wita, cuaca berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur laut dan selatan. Suhu udara 26-32 °C. Volume curah hujan tidak tercatat.

Secara visual gunung kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati, sedangkan bau belerang tercium lemah sedang. “Kesimpulannya tingkat aktivitas Gunung Karangetang Level III atau siaga,” ungkap Penyusun Laporan Pos Pengamatan Gunung Berapi Karangetang, Yudia Prama Tatipang.

Terkait kondisi itu, sejumlah rekomendasi disampaikan kepada warga setempat. Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam radius 2.5 km dari kawah 2 (kawah utara) dan kawah utama (kawah Selatan) ke arah Utara- Timur-Selatan-Barat dan radius 3 km ke arah Baratlaut.

Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai.

“Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu,” ujar dia.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *