Ini Jumlah Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan Cabang Manado

by
Kepala BPJS Cabang Manado, Prabowo memberikan penjelasan kepada wartawan. (Foto: Yoseph E Ikanubun)

Manado – Salah satu kendala dalam implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah tunggakan dalam pembayan iuran oleh peserta. Berapa total jumlah tunggakan iuran yang ada di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Manado?

“Tunggakan iuran mencapai lebih dari Rp 23 miliar di Kota Manado pada tahun 2018,” ungkap Kepala BPJS Cabang Manado, Prabowo kepada wartawan, Rabu (19/12/2018).

Prabowo mengatakan, jumlah itu hanya berdasarkan data di Kota Manado saja dari sekitar 61 ribu peserta. Diketahui, di Sulawesi Utara terdapat dua cabang BPJS Kesehatan yaitu, Cabang Manado yang membawahi Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Bitung dan Nusa Utara.

Kemudian Cabang Tondano yang meliputi Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolmong, Kabupaten Boltim, Kabupaten Bolsel dan Kabupaten Bolmut.

Prabowo mengatakan, ada beberapa alasan peserta menunggak pembayaran iuran. Salah satunya adalah kurangnya akses pembayaran yang tertuju ke kantor cabang.

“Kami carikan solusi dengan membuka akses pembayaran melalui Alfamart, Indomaret, Pegadaian dan juga bank biar bisa dijangkau peserta,” ujar dia.

Alasan lain terjadi penunggakan diakuinya adalah kurangnya sosialisasi dan edukasi. Tapi, BPJS mencarikan solusi dengan memberdayakan dan mengoptimalkan kader JKN.

“Kami juga mengirimkan ribuan SMS Blast sebagai pengingat peserta yang menunggak untuk membayar tunggakan iurannya,” ujar Prabowo.

Sedangkan klasifikasi tunggakan paling banyak adalah kelas 3. “Ini dikarenakan peserta di kelas ini adalah umumnya peserta mandiri Pekerja Bukan Penerima Upah,” ujar Prabowo.

Dalam pertemuan dengan sejumlah wartawan itu, Prabowo juga menjelaskan secara detail terkait Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 sebagai implementasi Program JKN-KIS.

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *