I6DE IX Melintas Sulteng ke Sulut Kampanyekan Pemilu Damai

by
Event tahunan ini diikuti sekitar 50 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulteng, Sulbar, NTT, Sumut, Jambi, Lampung, Banten, Jabar, Jateng dan Jakarta.

Manado – Kegiatan Indonesia Six Days Enduro (I6DE) ke IX dilaksanakan di tiga provinsi yaitu Sulteng, Gorontalo, dan Sulut. Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari dari tanggal 5 – 9 Nopember 2018 dengan dukungan Mabes Polri ini mengangkat tema kampanye damai, lawan hoax, dan intoleransi.

Event tahunan ini diikuti sekitar 50 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulteng, Sulbar, NTT, Sumut, Jambi, Lampung, Banten, Jabar, Jateng dan Jakarta.
Erick selaku penanggungjawab kegiatan mengungkapkan kegiatan dimulai dari Kota Luwuk Sulteng dan finisnya di Kota Manado Sulut. “Pada saat pembukaan kegiatan dihadiri Wakapolres Banggai Kompol Dony,” ujar dia.
I6DE yang digelar di Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah adalah kegiatan klub motor trail adventure yang menaklukan jalan ekstrim di tiga provinsi di Sulawesi.

Salah satu dari 50 peserta motor trail dalam kegiatan ini adalah pesinetron Fathir Muhtar. “Iya pesinetron Fathir Muhtar juga jadi peserta pada kegiatan ini,” ucap Erick.
“Kegiatan ini dilaksanakan selama enam hari, dan Etape pertama di luwuk Banggai, finishnya di Manado,” sahut Erick kembali.
Erick mengatakan, kegiatan itu juga bertujuan untuk mengkampenyakan tentang pemilu damai 2019.”Agar masyarakat Indonesia pada umumnya, terkhusus masyarakat di Sulawesi tidak terpengaruh dengan kabar hoaks dan intoleran,” papar Erick.

Dia menambahkan, inti kegiatan itu adalah mengkampanyekan kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan kabar hoaks serta intoleran yang mengganggu keutuhan NKRI.
Dalam arahannya, Kompol Dony memberikan pesan-pesan terkait kamtibmas menjelang pilpres 2019. Dia berharap momentum politik itu bisa berjalan dengan aman dan damai. “Saya juga mengajak komunitas I6DE untuk menolak hoaks dan intoleran,” ujar Kompol Dony.

Adapun Rute perjalanan I6DE selama 6 hari yang dimulai dari Hotel Santika Luwuk dilanjutkan perjalanaan di Pegunungan Luwuk, menginap di Desa Malino Bantayan. Selanjutnya ke pegunungan untuk ke Pelabuhan Pagimana. Setelah perjalanan laut ditempuh 10 jam untuk menyeberang ke Pelabuhan Gorontalo kemudian menuju Kota Kotamobagu.
Setelah menginap di Hotel Sonator Kota Kotamubagu, rute selanjutnya menuju Pegunungan Ratatotok dan menginap di Pantai Lakban Ratatotok. Dari Ratatotok selanjutnya menuju Tomohan dan menginap di Hotel Jhoanie Tomohan.
Akhirnya setelah menempuh perjalanan selama 6 hari, rombongan menyelesaikan eksepedisi di manado dan menginap di The Lagon Hotel Manado.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *