Hingga 30 Jam Warga Winangun Manado tanpa Listrik

by
Pohon tumbang di wilayah Winangun yang menimpa salah satu jaringan PLN sehingga menyebabkan pemadaman.

Manado – Hampir sepekan ini gangguan listrik terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo). Aktivitas warga terganggu akibat padamnya aliran listrik hingga 30 jam.

“Torang (kita) di sini wilayah Tareran, Minahasa Selatan, sudah empat hari empat malam padam, mau beking bagaimana le (mau buat bagaimana lagi) semua PLN yang kendalikan listrik,” tutur Marlin Rosang saat menghubungi KabarManado.com, Sabtu (29/12/2018).

Di wilayah Jambore Kelurahan Winangun 1, Kecamatan Malalayang, Manado, hal serupa juga dialami warga setempat. Pemadaman listrik terjadi selama 30 jam sejak Jumat (28/12/2018) pagi hingga Sabtu (29/12/2-18) sore.Tak hanya di Winangun, juga di beberapa kelurahan seperti Batukota dan Kleak.

“Listrik padam, mesin air mati, pendingin mati, jadi cucian menumpuk. Daging yang di mesin pendingin rusak karena sejak pagi kemarin listrik padam. Bagaimana mau berbuat lebih sedangkan listrik tidak ada,” kata Junita.

Humas PLN Suluttenggo Jantje Rau mengatakan, cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai angin melanda wilayah Sulutgo dalam beberapa hari ini, menyebabkan banyaknya pohon yang menimpa jaringan listrik PLN. Sehingga sejumlah penyulang mengalami gangguan.

“PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan. Saat hujan disertai angin masih terjadi namun petugas kami tetap siaga melakukan penormalan di lokasi-lokasi yang terkena dampak padam yang disebabkan oleh pohon tumbang,” kata Rau.

Dia menambahkan, petugas Siaga Natal dan Tahun Baru PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo melakukan langkah cepat penormalan gangguan yang disebabkan cuaca ekstrim. Di kota Manado, Gorontalo, Tomohon, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan dan Kota Bitung sudah kembali normal.

Namun masih terdapat sejumlah penyulang yang melalui jalur hutan pada saat ini masih dalam proses penormalan.

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *