Harapan Kadis Dikda di Bimtek DAK SMK Tahap Dua

by

Manado – Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pelaksanaan DAK SMK Tahap 2 Provinsi Sulut Tahun 2019 pada Senin (19/8/2019) di Swissbell Maleosan Hotel Manado.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes yang didampingi Ketua tim manajemen BOS Dikda Sulut, Tedi Rondonuwu yang juga sebagai Pejabat Pembuat Komitmen, Kasub Keuangan Senita Kotambunan.

Kadis Dikda Sulut, dr Grace Punuh mengatakan, bersyukurlah bagi sekolah yang mendapatkan bantuan DAK karena tidak semua Sekolah bisa dapat terkait terbatasnya anggarannya. “Kepsek adalah Menejer dan harus mampu memimpin sekolah khususnya dalam pengelolaan dana DAK agar berjalan sesuai dengan aturan yang ada,” ungkap Punuh.

Lanjut mantan Kadis Sosial ini, diharapkan realisasi DAK tahap 2 pada bulan Agustus ini sudah bisa mencapai 25 % dan bulan Oktober nanti sudah mencapai 45 %, sehingga batas waktu 31 Desember 2019 sudah selesai sampai 100 %. “Semoga DAK tahun 2019 ini outputnya sangat bermanfaat dan tepat sasaran sesuai kebutuhan sekolah dan pengawas diminta juga harus ada laporan harian, bulanan dan jangan sampai terjadi ada rekayasa laporan,” ungkap Punuh.

Dikatakan Punuh, para Kepsek agar membuat laporan tepat waktu dan jangan sampai terlambat dan harus bekerja secara profesional dan jangan jadi Kepsek kalau tidak mau diatur dan jadilah pengusaha kalau mau bebas. “Kepsek harus tanamkan kerja ikhlas dan kalau semua pekerjaan dijalankan dengan ikhlas, maka pekerjaan dapat dijalankan dengan baik,” jelas Punuh.

Dijelaskan Punuh, selagi masih dipercaya pimpinan maka kerjalah dengan baik dan jangan sampai ada temuan disekolah dan kerjalah sesuai dengan aturan. “Kejadian serupa seperti keterlambatan laporan DAK Tahun 2018 lalu jangan kembali terjadi pada tahun 2019 ini,” harap dia.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri para Kepsek SMK baik negeri maupun swasta penerima DAK khususnya Fisik serta para bendahara sekolah.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *