Guru PNS Akan Ditarik dari Sekolah Swasta

by
Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Cristian Sumampow.

Manado – Pemprov Sulut melalui Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut akan menarik semua guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di sekolah swasta khususnya di SMA dan SMK.
Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh melalui Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Cristian Sumampow membenarkan adanya rencana penarikan semua guru PNS di sekolah swasta. “Kami akan menarik semua guru PNS di SMA dan SMK untuk memenuhi kebutuhan guru di sekolah negeri,” ungkap mantan Sekretaris Dinas Dikda Sulut ini.
Sumampow mengatakan, dalam rencana pendirian sekolah swasta seharusnya menyiapkan dulu tenaga pendidiknya dengan kemampuan yayasannya. “Jangan tujuan mendirikan sekolah hanya mengharapkan bantuan dari pemerintah bukannya membantu pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan,” ungkap Sumampow.

Kata dia, saat ini ada sekolah swasta yang sudah mandiri dengan menyiapkan tenaga guru seratus persen bukan dari guru PNS. “Kami akan melakukan penarikan guru PNS di sekolah swasta dengan cara bertahap,” jelasnya.
Lanjut Sumampow, kebutuhan guru saat ini masih banyak dan antisipasi akan dilakukan perekrutan Tenaga Harian Lepas dengan SK gubernur.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *