Gubernur Olly Keluarkan Pergub Tetapkan UMP Sulut 2019

by
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Kamis (01/11/2018) mengeluarkan Peraturan Gubernur dengan menetapkan besaran Upah Minimum Provinsi.

Manado- Pemprov Sulut melalui Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Kamis (01/11/2018) mengeluarkan Peraturan Gubernur dengan menetapkan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) yang akan berlaku pada Tahun 2019.
“Kami sudah menetapkan UMP untuk tahun 2019,” ungkap Olly.
Dia mengatakan, UMP sebesar Rp 3.051.076 per bulan. Menurut dia, UMP itu mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 2.824.286.
Lanjut Olly, Pemprov Sulut akan meningkatkan pengawasan dalam penerapan UMP.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulut, Erny Tumundo menyampaikan, besaran UMP tahun depan itu sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Yakni berdasarkan hitungan UMP tahun ini ditambah tingkat inflasi nasional dan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) 2018. “Kami harapkan bagi pengusaha dan pekerja atau buruh, bahwa gubernur menetapkan upah minimum UMP sebagai jaring pengaman dan upah minimum adalah upah bulanan terendah berdasarkan kebutuhan hidup layak dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.
Dilanjutkan Tumundo, dengan ditetapkan UMP 2019 tersebut diharapkan para pelaku usaha dapat patuh pada Pergub dan bagi pekerja dapat meningkatkan produktivitas sehingga perusahaan berkembang dan mampu membayarkan upah kepada pekerja. “Bagi pelaku usaha yang tidak bersedia membayar sesuai aturan itu tentu akan kami berikan sanksi administrasi, kemudian teguran tertulis dan bahkan bisa sampai tingkat pemberhentian kegiatan usaha,” tegas dia.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *