Goyang Poco-Poco di Manado Masuk Guinness World Records

by
Tarian Poco-Poco pecahkan rekor dunia lewat kegiatan ‘Guinness World Records The Largest Poco-Poco Dance’.

Manado – Tarian Poco-Poco pecahkan rekor dunia lewat kegiatan ‘Guinness World Records The Largest Poco-Poco Dance’. Kegiatan ini dilaksanakan di Pohon Kasih, Kawasan Megamas, Minggu (05/08/2018).

Sekretaris Kota (Sekkot) Manado, Peter Assa mengatakan, senam Poco-poco memang mendapat perhatian Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menyambut perhelatan pesta olahraga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Karena itu, Menurut Assa, untuk mendukung Kemenpora dan Asian Games, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado ikut berpartisipasi dengan mengikutsertakan ribuan peserta senam Poco-poco di Manado. “Apalagi, Manado merupakan salah satunya kota di luar Jakarta dan Palembang yang diminta menyiapkan peserta Poco-poco,” ujar Assa.

Assa mengatakan, untuk menunjang kegiatan tersebut, dibutuhkan 1.300 instruktur Poco-poco dan 65.000 peserta. Kegiatan ini Serentak dilakukan di tiga kota yaitu Jakarta, Palembang dan Manado. Menurut dia, di Jakarta sendiri, The Largest Poco-Poco Dance dilaksanakan sepanjang 8 kilometer pada dua arah lajur yang membentang di kawasan Jalan Sudirman, Bundaran HI, Jalan Thamrin, Silang Monas, Jalan Medan Merdeka Barat dan Istana Merdeka, serta di Palembang. “Untuk Manado di gelar di Pohon Kasih Mega Mas. Semua Tenaga Harian Lepas (THL) di jajaran Pemkot Manado diwajibkan hadir dan akan diabsen. Yang tidak hadir, akan diberikan sanksi tegas hingga pemberhentian kontrak,” tegas Assa.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadis Pora) Manado Laurens “Enco” Umboh menambahkan, sejak Sabtu (4/8/2018) persiapan telah dilaksanakan oleh seluruh panitia, dan senam Poco-poco ini wajib diikuti oleh seluruh ASN Pemkot Manado termasuk Wali Kota Manado Vecky Lumentut hadir di lokasi dan senam bersama masyarakat. “Kami bersyukur pelaksanaan senam Poco-poco bisa berjalan dengan baik dan lebih bangga lagi karena kota Manado bisa terpilih sebagai salah satu kota dari tiga kota di Indonesia untuk menggelar senam poco-poco massal,” ujar Enco sambil menambahkan itu semua atas perjuangan Wali Kota Manado.

 

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *