Fornas Bhineka Tunggal Ika Segera Terbentuk di Sulut

by
Sekjen Fornas Taufan Hanneman (kiri bawah) saat konsolidasi Fornas Bhineka Tunggal Ika di kota Tomohon.

Tomohon – Forum Nasional (Fornas) Bhineka Tunggal Ika dalam waktu dekat akan terbentuk di Sulawesi Utara (Sulut). Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Fornas Taufan Hunneman saat melakukan konsolidasi di kota Tomohon dengan sejumlah tokoh agama, masyarakat dan media pada Jumat (29/12/2018).

Menurut Taufan, Bhineka Tunggal Ika lahir dengan spirit yang sama dengan Pancasila. Yakni bersatu dalam keberagaman dan membendung kelompok-kelompok intoleran. “Karena kita perlu bersatu bersama dengan masyarakat mempertahankan Bhineka Tunggal Ika dengan keberagaman yang kita miliki,” ujar dia sambil menambahkan, tidak ada perbedaan yang menghalangi, sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah menjadi harga mati.

Aktifis 98 itu mengatakan, Indonesia memiliki ribuan suku dan ratusan bahasa daerah, karena itu keberagaman harus terus dijaga dan tidak bisa dinodai oleh sekelompok orang atau oknum.

Taufan menjelaskan, Bhinneka Tunggal Ika merupakan satu kekuatan yang menggambarkan keragaman bangsa ini, di mana Indonesia didirkan bukan atas dasar suku maupun golongan tertentu.

“Tapi negara untuk semua agama, semua golongan dan semua suku,” tegas Hunneman pada kabarManado.com.

Taufan menambahkan, kehadirannya di kota Tomohon untuk mengajak sejumlah tokoh agama, masyarakat agar Fornas Bhineka Tunggal Ika kota Tomohon dan Sulut segera terbentuk.

“Sehingga kedepan kita bisa memperkuat Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sosial dengan mempertahankan keberagaman itu. Juga aktif dengan kegiatan masyarakat dan mendukung program pemerintah baik di pusat maupun di daerah,” pungkasnya.

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *