Flora Kalalo: Cegah Korupsi, Termasuk di Institusi Pendidikan

by
Dekan FH Unsrat, Dr Flora P Kalalo SH MH menegaskan komitmen membangun institusi pendidikan yang anti korupsi. (Foto: Zulkifli Madina)

Manado – Sebagai salah implementasi kerjasama antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dan Fakultas Hukum (FH) Unsrat, maka digelar Focus Group Discussion (FGD) terkait tindak pidana korupsi, Selasa (07/08/2018), di aula FH Unsrat.

Dalam pembukaan kegiatan, Dekan FH Unsrat, Dr Flora P Kalalo SH MH menegaskan komitmen membangun institusi pendidikan yang anti korupsi. “Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari beberapa kerjasama antara KPK dan FH Unsrat,” ujar Flora.

Dia mengatakan, tujuannya adalah dalam rangka meningkatkan peran perguruan tinggi mendukung  pemerintah dalam mencegah korupsi sedini mungkin di semua lini. “Termasuk di institusi pendidikan. Untuk itulah mahasiswa Fakultas Hukum harus berkarakter anti korupsi,” ujar Flora.

Dekan menambahkan, sudah sejak tahun 2011 kerjasama antara KPK dan FH Unsrat dijalankan. “Masih akan terus berlangsung. Termasuk perekaman sidang kasus pidana korupsi,” ujar dia.

Dalam kerjasama kali ini, lanjut Flora, adalah kajian pemanfaatan hasilperekaman persidangan tindak pidana korupsi. “Ada 12 mahasiswa yang menggunakan perangkat canggih yang dipinjamkan oleh KPK, dilatih khusus akai alat itu merekam persidangan. Hasil itulah yang dikaji oleh tim dan dibawa dalam FGD ini,” ungkap dia.

Flora menambahkan, para mahasiswa itu merekam persidangan yang berlangsung, melihat dan mencatat, juga mendapat rekaman proses persidangan. ”Ini tentu bermanfaat  karena melihat persidangan secara komprehensif,” papar Flora.

Kegiatan FGD ini turut dihadiri pihak KPK dari Direktorat PJKAKI, Nur Cahyadi serta Tim Kajian yang terdiri dari Ketua, Dr Rodrigo Elyas SH MH, Sekretaris Adi T Koesoemo SH MH, anggota Dr Drevy Sondakh SH MH, Yoseph E Ikanubun, dan Jull Takaliuang.

 

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *