Erupsi Gunung Soputan Muntahkan Lava Pijar

by
Aktifitas Gunung Soputan terus meningkat dan mengeluarkan lava pijar.

Ratahan – Gunung Soputan yang terletak di Desa Silian, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang Rabu (3/10/21018) pagi meletus, hingga kini terus mengeluarkan lava pijar.

Petugas Pos Pemantau Gunung Soputan Fandy Ronald Rumimper kepada KabarManado.com mengatakan, sejak letusan pada Rabu (03/10/2018) siang, Gunung Soputan sudah mengeluarkan lava pijar. Namun secara visual tidak dapat terlihat secara jelas, karena tertutup abu vulkanik dan cuaca masih terang. Nanti pada jelang malam aliran Lava Pijar bisa terlihat jelas.

Menurut Rumimper, diimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Barat daya sejauh 6,5 km dari puncak Gunung.daerah itu yang merupakan bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas, apa lagi aktifitas Gunung Soputan hingga kini masih sangat tinggi. “Saat ini abu vulkanik yang dikeluarkan dari Gunung Soputan terbawa angin ke wilayah Kabupaten Minahasa Selatan dan sebagian ke wilayah Manado,” ucap Rumimper, Rabu (03/10/2018) malam.

Rumimper menambahkan, hingga saat ini abu vulkanik dan leleran lava pijar belum berdampak ke lokasi pemukiman warga. “Kami menghimbau pada masyarakat di sekitar Gunung. Soputan agar menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu,” ucap dia.

 

Penulis : Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *