Dinas Pertanian dan Perternakan Vaksin Ternak Babi di Kabupaten Minahasa

by

Tondano – Untuk mengantisipasi meyebaran bakteri pada ternak babi, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Minahasa melakukan vaksin terhadap ternak di Kabupaten Minahasa.

Selang tiga bulan terkahir terdapat kurang lebih 100 ekor babi mati mendadak, akibat bakteri yang meyerang ternak sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa.

Kadis Pertanian dan Perternakan Perkebunan Kabupaten Yeittij Fonnie Roring.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Minahasa Yeittij Fonnie Roring mengatakan, bahwa beberapa daerah di Minahasa seperti Tombariri, Sonder, Kakas Barat, Kawangkoan Barat dan Utara ditemukan kasus babi mati mendadak.

Ditambahkan Roring, kebanyakan ternak yang terserang bakteri itu yakni hewan yang berusai muda. “Langka antisipasi telah kami lakukan pencegahan dengan memberikan vaksinasi, “ujar Roring saat ditemui wartawan, Senin (7/10/2019).

Lebih lanjut Roring mengatakan, dimana ada Tim yang saat ini telah turun lapangan untuk mencegah meluasnya kejadian tersebut. Dengan memberikan vaksinasi kepada ternak secara rutin, bisa mengatasi kejadian ini,” ujar Roring sambil berharap jika ada ternak yang mati mendadak kira warga segar menginfomasikan dinas yang di Pimpinnya ini.

Ditambahkan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Frankie Polii bahwa Timnya telah mengambil sampel dan dibawa untuk diteliti penyebab kematian mendadak ternak masyarakat di wilayah sejumlha beberapa kecamatan di Minahasa. “Saat ini pihaknya masih menunggu hasil Laboratorium di Balai Besar Veteriner Maros terkait wabah yang menyerang ratusan babi ini sehingga akan mengetahui Virus atau bakteri apa yang menyerang ternak masyarakat itu.

Nantinya akan mempermudah langkah yang akan diambil selanjutnya, “ujar Polii yang saat ini terus berupaya mencegah dengan memberikan vaksinasi kepada ternak yang ada.

Penulis: Roni Sepang
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *