Dinas Dikda Sulut Kunjungi Jabar Pelajari Aplikasi Terbaru Pendidikan

by
Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Manado – Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulutmengadakan kunjungan kerja ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam rangka mempelajari aplikasi terbaru pendidikan.
Kepala Dinas Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes menyampaikan, sistem yang dimiliki Dinas Pendidikan Jabar adalah Sistem Online Penilaian Angka Kredit (OPAK) di mana guru yang bersangkutan bisa melihat riwayat dan kemampuan dirinya. “Penilaian yang diberikan dapat ditelusuri secara terstruktur dan meminimalisir pemberian PAK secara subjektif dan person to peson contact,” kata Punuh.
Punuh mengatakan, untuk aplikasi Siajar adalah Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan Jarak Jauh yang bisa menjangkau siswa yang tidak bisa melanjutkan studi ke SMA dan SMK. “Aplikasi ini ada karena keterbatasan di daerah 3T dan siswa miskin,” kata dia.

Sidakep, lanjut Punuh, adalah Sistem Informasi Pengendali Kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan keunggulan real time raport dan linearitas data. “Aplikasi ini bisa melihat kebutuhan guru per mata pelajaran per kelas, periodisasi lamanya guru dan kepsek beserta profil masing-masing,” ungkapnya.
Ditambahkan Punuh, aplikasi itu juga untuk mengurangi permintaan pindah guru yang tidak sesuai analisa kebutuhan karena akan ditolak secara otomatis oleh sistem.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *