Dies Natalis ke-53, FIB Unsrat Terancam Ditutup

by
Rektor Unsrat Manado, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA menghadiri puncak dies natalis FIB.

Manado – Puncak Dies Natalis Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsrat Manado diselenggarakan, Rabu (28/03/2018). Kekurangan dosen karena tidak adanya rekrutmen membuat fakultas ini terancam merger atau bahkan ditutup.

Dekan FIB, Drs FR Mawikere MHum MA dalam sambutannya mengatakan, permasalahan kurangnya tenaga pendidik pada semua jurusan dan prodi karena 10 tahun terakhir ini tidak pernah ada rekrutmen untuk tenaga dosen. “Dengan jumlah 72 dosen sekarang ini, ketiadaan rekrutmen pada 5 tahun ke depan membawa arti bahwa FIB harus bersiap diri hilang dari Unsrat atau minimal bergabung dengan fakultas lain,” ujar dia.

Dekan menambahkan, itulah tantangan yang harus dihadapi oleh internal FIB sendiri, terlebih Unsrat kini telah berada dalam status BLU sebagai ganti sistem Satker sebelumnya. “Banyak kerja yang harus dilakukan apabila kita ingin FIB bertahan,” ujar Mawikere.

Rektor Unsrat Manado, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA dalam sambutannya mengatakan, pernahkah semua pihak bertanya sejauh mana melangkah. “Apakah kita berada on the right track dan adakah yang perlu diubah, diperbaiki untuk meningkatkan mutu baik secara akademik maupun manajemen,”papar Kumaat.

Kumaat menambahkan, penahkah melakukan evaluasi diri sebagaimana yang memang wajib dilaksanakan untuk menetapkan skala prioritas terhadap program dan kegiatan yang direncanakan. “Lagipula untuk melakukan akreditasi, self evaluation menjadi salah satu syarat penting,” tandas rektor.

Dia berharap, dalam memperingati Dies ke – 53 di tahun 2018, ada peningkatan akreditasi yang lebih baik lagi dari sekarang ini. “Ibarat minuman (wine) yang semakin tua semakin sempurna, demikian juga dengan FIB, semakin bersinar dengan berbagai prestasi dan pencapaian,” pungkas Kumaat.

Penulis: Ishak Kusrant

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *