Didampingi PJU, Kapolres, dan Wakil Wali Kota Bitung, Wakapolda Tinjau Pos Pam Lebaran

by

Bitung Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Karyoto melakukan Tour bersama Pejabat Utama (PJU) Polda dan anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas, untuk meninjau sejumlah Pos pengamanan lebaran disejumlah lokasi pada Jumat (31/5/2019).

Dengan menggunakan sepeda motor, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Karyoto bersama PJU dari Markas Polda menuju Posko Terpadu angkutan udara yang berada di Bandara Sam Ratulangi Manado. Tiba di Bandara, Wakapolda disambut GM Angkasa Pura 1, Kapolsek Bandara, dan sejumlah personil Pam yang bertugas di Pos lebaran. Wakapolda juga memberikan bantuan bingkisan kepada personil yang bertugas di Pos Pam lebaran berupa air mineral, dan makanan siap saji. Setelah itu Wakapolda dan rombongan selanjutnya menuju ke kota Bitung melalui jalan Tol Manado-Bitung.

Dirlantas Kombes Pol I Gusti Putu didampingi Dirkrimsus Kombes Pol Yandri Irsan, memberikan bantuan secara simbolis kepada anggota di Posko Terpadu Bandara Sam Ratulangi Manado. (Foto: Ishak Kusrant).

Tiba di kota Bitung Rombongan Wakapolda dijemput Kapolres Bitung AKBP Steven Tamuntuan bersama personil dan para Kasatker Polres Bitung, kemudian selanjutnya menuju ke Terminal Tangkoko. Di lokasi Wakapolda dan Kapolres Bitung bersama rombongan meninjau Pos Pam lebaran dan mengecek kesiapan armada dan bus yang akan melakukan mudik ke kota Gorontalo.

Di Pos Pam lebaran, Wakapolda berbincang dengan petugas Dishub dan Dinas terkait, dan mendapati, para supir bus tidak dilakukan pemeriksaan kesehatan, padahal mereka akan berangkat membawah penumpang mudik ke Gorontalo.”Harusnya para supir dicek kesehatan mereka, dan kendaraan, sebelum mereka berangkat mudik, saya harap itu dilakukan,” ucap Brigjen Pol Karyoto kepada petugas Dishub di lokasi.

Wakapolda juga sempat mengecek sejumlah bus yang akan berangkat dan berbincang dengan para supir bus yang akan membawah kendaraan. Setelah itu Wakapolda menuju pusat kota Bitung dan mengecek pos Pam lebaran yang berada di pusat pertokoaan. Kemudian Wakapolda meninjau pos Pam di Pelabuhan Samudra Bitung dan meninjau area Pelabuhan bersama Kapolres, Dandim 1310, Wakil Wali kota Bitung Maurits Mantiri, KSOP Bitung, PT Pelni, dan rombongan.

Menurut Wakapolda, pihaknya melakukan pemantauan ke kota Bitung karena disini banyak penumpang yang akan mudik menggunakan kapal laut seperti ke Gorontalo,  Surabaya dan daerah lain, sehingga kesiapan tim dan petugas harus benar-benar baik, agar masyarakat bisa aman dan nyaman untuk mudik. “Saya menghimbau bagi para pengguna jalan ikuti peraturan lalu lintas, jangan ngebut, atau menyalip, terutama pengguna sepeda motor, karena beresiko dan kecelakaan yang paling banyak adalah pengendara motor,” tegas Wakapolda.

Sementara itu, Wakil Wali kota Bitung Maurits Mantiri mengatakan, dengan adanya kunjungan Wakapolda, kami berterima kasih atas perhatian yang baik, apa lagi soal keamanan kami selalu melakukan kegitan bersama Kapolres, dan melakukan rapat koordinasi di tingkat kota sesuai dengan harapan pimpinan di pusat sehingga memberikan dampak yang positif bagi daerah kota Bitung. “Bahwa hasil kita ada penilaian,” terang Wakil Wali kota Bitung.

Usai melakukan kunjungan kerja di kota Bitung, rombongan kemudian buka puasa bersama dengan Kapolres Bitung, Wakil Wali kota, PJU, Kasatker Polres Bitung, dan rombongan lainnya. Sedangkan Kapolda Sulut Irjen Pol Dr R. Sigid Tri Hardjanto ikut bergabung bersama berbuka puasa dengan rombongan setelah melakukan tugas di Manado.

Setelah melakukan kunjungan kerja dan meninjau pos Pam lebaran serta buka puasa bersama, Kapolda, Wakapolda bersama rombongan kemudian kembali ke Manado.

Penulis: Ishak Kusrant
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *