Data Sementara, 737 KK Terdampak Banjir dan Longsor di Manado

by
Hingga Sabtu (02/02/2019), masih ada sejumlah kawasan yang terendam banjir. Salah satunya di SMPN 11 Manado.

Manado – Berdasarkan data sementara yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), banjir dan longsor yang terjadi di Manado, Jumat (01/02/2019), menghantam 8 dari 11 kecamatan yang ada di ibukota Provinsi Sulawesi Utara tersebut.

“Wilayah yang terdampak banjir saat ini pada umumnya wilayah yang tidak terdampak pada saat banjir bandang tahun 2014,” ungkap Lee Bawole dari BPBD Manado.

Dia menambahkan, wilayah yang terdampak banjir pada saat banjir bandang 2014, hanya wilayah yang ada di bantaran sungai. “Total ada 23 kelurahan yang terdampak banjir dan longsor pada 1 Februari 2019 ini,” ujar dia.

Berdasarkan data sementara yang dikumpulkan BPBD Kota Manado, jumlah warga yang terdampak bencana sebanyak 2.523 jiwa atau 737 kepala keluarga. “Untuk korban meninggal ada 3 orang yang terdiri dari dua korban longsor dan satu terseret arus sungai,” ujar Lee.

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut, Jumat, 01 Februari 2019 mengunjungi korban bencana. Dalam keempatan itu, Vicky mengimbau warga yang bermukim di wilayah bencana agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *