Dana Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan Kedua, Kapan Cair?

by
Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes.

Manado – Setelah proses pencairan dana tunjangan sertifikasi triwulan pertama, kini Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut tengah mempersiapkan proses pencairan untuk triwulan kedua.

Kepala Dinas Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes melalui Kepala Bidang Guru Tenaga Kependidikan, Christian Sumampow SH MEd menyampaikan untuk dana sertifikasi triwulan kedua tinggal menunggu pencairan melalui transfer rekening dari pusat ke Daerah. “Kepastian pencairan dana sertifikasi tahap dua tinggal menunggu dalam waktu dekat ini, karena sudah ada SK-nya,” ujar Sumampow.

Dia mengatakan, dana sertifikasi atau yang disebut tunjangan profesi adalah dana yang bersumber dari dana transfer dari pemerintah pusat. “Mekanismenya dimulai dengan penetapan Surat Keputusan dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI yang biasanya diterbitkan 2 kali setahun atau tiap semester,” ujar dia.

Sumampow menambahkan, keterlambatan dana sertifikasi yang terjadi sama sekali tidak ada kaitan dengan Dinas Dikda, Badan Keuangan atau Pemprov Sulut, tapi semata – mata karena terlambatnya transfer dana dari pusat. “Proses seleksi calon penerima tunjangan profesi dan  penerbitan SK pun bukan melalui usulan Dinas Dikda, tetapi langsung oleh Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI melalui data sim tunjangan profesi yang diinput langsung oleh operator sekolah masing-masing,” ungkap dia.

Dia mengatakan, permasalahan keterlambatan tunjangan profesi untuk guru SMA dan SMK dan SLB bukan cuma terjadi di Sulut, tetapi juga terjadi di seluruh Indonesia.

 

Penulis: Zulkifli Pinontoan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *