BPJS Kesehatan Cabang Manado Gelar Senam Sehat Prolanis, Bersama Ribuan Peserta JKN-KIS

by
Suasana Senam Sehat Bersama Prolanis yang diikuti Kadis Kesehatan Daerah Sulut, Kabupaten/kota, FKTP, dan Peserta JKN-KIS di Lapangan KONI.

Manado – Kantor Cabang BPJS Kesehatan Manado Gelar Senam Sehat Prolanis, Bersama Peserta JKN-KIS di Lapangan KONI Sario Manado, pada Sabtu 13 Juli 2019, Pukul 06.00 wita.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Suluttenggomalut  Anurman Huda mengatakan, tema kegiatan Senam Sehat Bersama Prolanis yaitu “Inovasi untuk kesinambungan Program JKN-KIS di Era Digital dan Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan Senam Sehat Prolanis digelar dalam rangka memperingati Hut BPJS Kesehatan ke-51 yang jatuh pada tanggal 15 Juli 2019 mendatang, sekaligus sebagai wujud optimalisasi kegiatan promotif, proventif terkait peningkatan kesehatan masyarakat melalui pola hidup sehat sejak dini.

Menurut Deputi Direksi BPJS Kesehatan wilayah Suluttenggomalut, kegiatan ini terinspirasi dari Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat sehat yang di gencarkan oleh pemerintah untuk mengajak masyarakat agar melakukan upaya pencegahan sekunder meningkatkan aktifitas fisik,  dan meningkatkan pola hidup yang lebih sehat, demi mewujudkan masa depan bangsa yang lebih sejahtera. “Kami melihat bahwa gerakan masyarakat sehat ini lebih berarti dalam memberikan dampak positif dan memotivasi masyarakat untuk menjalankan prilaku hidup sejak dini, sehingga kami memandang kegiatan ini perlu diperkenalkan kepada masyarakat dan dilaksanakan secara rutin,” terang Anurman Huda.

Kata Anurman, saat ini program JKN-KIS telah memberikan akses finansial terhadap 222 juta jiwa rakyat Indonesia dari berbagai segmen masyarakat. Ditargetkan di masa mendatang program ini bisa mencakup kepesertaan seluruh rakyat Indonesia, sehingga pada saat itu seluruh masyarakat dapat ikut serta bergotong royong dalam memperkokoh program JKN-KIS.

Anurman berharap, melalui kegiatan ini kami bisa menanamkan kesadaran dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan harapan hadirin yang hadir yang turut berpartisipasi hari ini dapat menanamkan pesan hidup sehat bagi dirinya, serta mengajak keluarga dan lingkungannya untuk berprilaku hidup sehat, sehingga Indonesia bisa menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan produktif. “Terima kasih kepada pemerintah, seluruh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan seluruh peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini,” ungkapnya

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua serta semakin meningkatkan semangat kita dalam memberikan pelayanan primer yang terbaik kepada masyarakat,” tambah Anurman.

Sambutan Gubernur Sulawesi Utara:

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sulut dr. Debie Kalalo menyampaikan, selamat memperingati Hut BPJS Kesehatan ke-51 pada kita sekalian, dan mengapresiasi kepada BPJS Kesehatan dan semua pihak atas dedikasinya sehingga kegiatan senam sehat bersama Prolanis bisa terlaksana.

Kalalo mengungkapkan, dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya perlu diselenggarakan upaya kesehatan yang dilaksanakan melalui pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan,  pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan.

Pelepasan Balon Udara Senam Sehat Bersama Prolanis dan Peringatan Hut BPJS Kesehatan ke-51.

Menurut dr. Debby, kegiatan senam Prolanis merupakan salah satu upaya kesehatan dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan bagi masyarakat, yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien, oleh karena itu prilaku hidup sehat harus menjadi perhatian bagi kita semua.

“Melalui mementum ini saya mengajak kita sekalian bersama-sama mensukseskan dan mendukung penuh kegitan senam Prolanis melalui peran dan partisipasi aktif, jadikan kegiatan olahraga sebagai life style atau gaya hidup dalam kehidupan sosial kita,” kata Gubernur Olly melalui Kadis Kesehatan Daerah.

Sebelum senan sehat Prolanis dilaksanakan, dilakukan pelepasan balon udara oleh Kadis Kesehatan Daerah bersama Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sulutenggomalut, perwakilan FKTP dan mewakili Kadis Kesehatan Daerah dari sejumlah Kabupaten kota wilayah kerja BPJS Cabang Manado.

Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *