Bank Mantap Gandeng Pensiunan Kembangkan Tanaman Hydroponik

by
Tanaman hidroponik di rumah Trina Tallei, Keluarga Tallei - Pinontoan di Manado yang mendapat kunjungan dari Bank Mandiri Taspen Manado.

Manado- Usaha tanaman hidroponik menjadi usaha yang dilirik Bank Mandiri Taspen (Mantap) untuk dikembangkan oleh ASN dan pensiunan ASN di Sulut. Hal ini disampaikan Plt Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen Manado, Iwayan Odyana saat berkunjung ke rumah Trina Tallei, Keluarga Tallei – Pinontoan di Batukota Manado, Rabu (24/10/2018).
“Program ini akan dijalankan dengan menggandeng ASN baik yang akan pensiun maupun yang sudah pensiun dan sekarang mereka telah diberikan pelatihan untuk berwirausaha,” ujarnya.
Kata Odyana, para pensiunan dan calon pensiunan ASN dapat memanfaatkan pekarangan rumah. “Sudah ada satu nasabah Bank Mantap yang memanfaatkan tanaman horoponik untuk menambah penghasilan yaitu Trina Tallei,” jelasnya.
Ia melihat keluarga tersebut sudah mampu dan berhasil mengembangkan kewirausahaan di hidroponik dengan memakai lahan pekarangan rumahnya. “Bank Mantap akan terus melakukan pendampingan sampai mereka berhasil dengan melakukan pelatihan bersama komunitas yang diajak menjadi pendamping,” ungkapnya.
Dijelaskannya, keluarga Trina Tallei saat ini sudah mandiri dan anaknya Ahmad Adam sudah menjadi pelatih. “Kami Bank Mantap sudah menyediakan program pembiayaan kredit yang siap dikucurkan,” kata dia.
Lanjutnya, saat ini sudah ada 25 orang yang menjadi wirausahawan dari 725 peserta yang dilatih. “Bukan hanya hidroponik yang dikembangkan oleh para peserta ada juga pengembangan beras organik, ayam kampung dan lainnya,”cetusnya.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *