AQUA Airmadidi Dukung Gerakan Nasional Menanam Mangrove

by
Stake Holders Relation Manager PT TIrta Investama Airmadidi, Imanuel Adoeng (topi merah) mendampingi Menteri LHK Siti Nurbaya bersama ibu Uga Wiranto dan Gubermur Sulut, memberikan keterangan pers kepada awak media.

Bunaken – PT. Tirta Investama – Pabrik Airmadidi (AQUA) turut berpartisipasi dalam Gerakan Penanaman Serentak Mangrove untuk mitigasi Bencana di Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken, kota Manado, pada Selasa (9/7/2019). Gerakan ini dipimpin langsung Menteri KLHK Dr. Siti Nurbaya didampingi Uga Wiranto sebagai Ketua Bidang 5 dari OASE sebagai penyelenggara.

Penanaman mangrove ini dilakukan bersamaan di 12 Provinsi seluruh Indonesia, dan untuk Sulawesi Utara disiapkan sebanyak 5000 bibit yang dilakukan oleh Pemerintah, komunitas lingkungan, Pramuka, TNI dan Relawan Lingkungan.

Foto: Istimewa, Menteri LHK Siti Nurbaya menunjukkan Magrove yang akan ditanam di Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken Manado.

Kepala Pabrik AQUA Airmadidi, Obrin Sualang dalam keterangannya menyatakan, sejak tahun 2012 AQUA telah mendampingi masyarakat di Bahowo untuk melestarikan hamparan mangrovenya. “Kami tidak akan bisa bergerak sendiri, oleh karena itu kami mengajak Manengkel Solidaritas menjadi mitra kerja, juga Aliansi Jurnalis Independen AJI Manado yang juga aktif mengabarkan progress kebaikan di Bahowo”, Kata Obrin.

Secara terpisah Direktur Pembangunan berkelanjutan Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menyampaikan bahwa dari sisi konservasi, Danone AQUA hingga 2019 ini telah menanam lebih dari 3 juta pohon dengan system MRV (Monitoring – Reporting – Validation), 1351 unit sumur resapan, 57.749 lubang biopori, 25 embung, 13.870 buah rorak dan menyemai 325.150 pohondi persemaian sekolah bekerjasama dengan sekolah. “capaian tersebut adalah wujud komitmen kami terhadap pelestarian lingkungan”, jelas Karyanto.

Dalam sambutannya,  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr, Ir. Siti Nurbaya menggaris bawahi bahwa di Indonesia masih banyak hamparan mangrove yang rusak dan mangrove yang ada di Sulawesi Utara adalah salah satu yang memiliki kondisi terbaik. “Kedepan kami akan menjadikan mangrove di Sulawesi Utara menjadi pusat dan fokus pengembangan Mangrove nasional”, Tegas Siti.

Tentang Danone-AQUA
Danone-AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Minuman Ringan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai perwujudan visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggung jawab dalam sosial dan lingkungan, AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari Perlindungan Sumber Daya Air, Pengurangan C02, Optimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah Kemasan dan Distribusi Produk secara Berkelanjutan yang dilakukan bekerja bersama pemangku kepentingan dan karyawan. Danone- AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi tiga kategori utama, yaitu minuman (AMDK, minuman ringan non karbonasi, dan minuman teh), Nutrisi untuk Kehidupan Awal (Nutricia dan Sarihusada), serta nutrisi medis. Danone-AQUA merupakan Perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang bersertifikasi B-Corp, yaitu standar tertinggi terhadap kinerja sosial dan lingkungan, transparansi dan akuntabilitas.

Laporan keberlanjutan Danone- AQUA dapat diakses melalui www.aqua.co.id. Untuk masukan serta keluhan pelanggan, dapat disampaikan melalui AQUA Menyapa Bebas Pulsa 08001588888 atau melalui Facebook Sehat AQUA dan www.sehataqua.co.id

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *