Aksi Para Calon Bidan untuk Warga Palu dan Donggala

by
Penggalangan dana oleh mahasiswi Akbid Bunda Kotamobagu untuk warga terdampak bencana di Palu dan Donggala.

Kotamobagu – Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Pau dan Donggala, Sulawesi Tengah, menggugah banyak pihak untuk mengulurkan bantuan bagi warga yang terdampak bencana.

Salah satunya yang dilakukan puluhan mahasiswi dari Akademi Kebidanan (Akbid) Bunda Kotamobagu, Senin (01/10/2018. “Setelah semua mata kuliah berakhir, kami menyatukan hati dan pikiran kami, bergerak untuk membantu korban pasca gempa dan tsunami,” ungkap Anastasia Delvi Patonaung.

Aksi yang dilakukan Anastasia dan puluhan calon bidan lainnya adalah menggalang dana dari masyarakat sekitar untuk disalurkan bagi warga Poso dan Donggala. “Bertepatan dengan peringatan hari kesaktian Pancasila, kami berjalan kaki dari kampus menuju ke arah pertigaan Sampana sampai masuk di Pasar Tradisional 23 Maret dan Pasar Serasi Kotamobagu,” tutur Anas, sapaan akrab gadis yang juga alumni Sekolah Pluralisme Sinode Am Gereja Sulutteng ini.

Setelah tiba di sana, Anas dan kawan-kawannya berdiri tepat di perempatan dengan memakai seragam putih-putih sambil menyuarakan aksi peduli.

Dia mengungkapkan, dari aksi itu terlihat juga bagaimana respon masyarakat untuk kemanusiaan. “Ada seorang petugas kebersihan, menuju kea rah kami. Dia mengambil semua uang yang ada di dompetnya dan menaruh di dalam kotak sumbangan yang kami pegang,” tutur Anas.

 

 

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *