Ada Alat Cangih Praktek Simulator di SMKN 1 Manado

by
Tidak ketinggalan juga partisipasi sekolah unggulan SMK di Sulut yaitu dari SMK Negeri 1 Manado yang dipimpin Kepsek Drs Moodie Lumintang MPd.

Manado – Sejak dibuka Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandow yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes, Kamis (22/11/2018), SMK Expo 2018 sukses digelar.
Partisipasi keterwakilan 14 SMK di Sulut memeriahkan SMK Expo 2018 yang berlokasi di halaman parkir Mantos Satu Manado tersebut.

Tidak ketinggalan juga partisipasi sekolah unggulan SMK di Sulut yaitu dari SMK Negeri 1 Manado yang dipimpin Kepsek Drs Moodie Lumintang MPd.

Lumintang mengatakan, dalam SMK Expo tersebut sekolahnya menampilkan alat praktek meja simulator Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). “Manfaat alat praktek yaitu agar lulusan SMKN 1 Manado yang berlualitas dan mampu bersaing di dunia usaha dan dunia industri untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0,” jelas Ketua MKKS SMK Sulut ini.
Guru TKJ Brusly Polakitan menyampaikan, alat tersebut berfungsi juga untuk inovasi pembelajaran bagi siswa TKJ dalam konfigurasi LAN, AN dan WAN. “Siswa dilatih dengan alat ini agar mereka bisa dipakai di dunia usaha dan dunia industri,” kata dia.

Brusly mengatakan, para siswa di jurusan TKJ yang berjumlah 250 orang bisa memanfaatkan alat tersebut dengan kecanggihannya. Siswa dapat mempelajari teknologi terbaru sekarang ini yaitu teknologi fiber optik dan wireless dalam satu meja simulator. “Kami mendapat alat baru ini sejak Oktober 2018 dan satu pasang ada 2 set dan rencana tahun depan ditambah 6 pasang atau 12 set,” jelas sambil menambahkan, harga alat tersebut per set mencapai 60-an juta rupiah.

Salah satu siswa Kelas 11 Jurusan TKJ, Farlan Kadir menyampaikan, alat tersebut sangatlah bermanfaat bagi mereka karena bisa mempelajari teknologi terbaru. “Saya bercita- cita ingin bekerja di perusahaan teknologi agar kemampuan yang dipelajari selama di sekolah bisa terpakai,” kata dia.
Dia berharap agar dirinya bisa melakukan yang terbaik bagi sekolah dan masa depan lebih baik ke depan.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *