6 Siswa Sulut Lolos Debat Bahasa ke-Tingkat Nasional

by
Para pemenang lomba debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia tingkat Provinsi Sulut. (Foto: Zulkifli Madina)

Manado – Lomba debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang digelar tingkat Provinsi Sulut oleh Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) pada Kamis (19/07/2018) di Hotel Travllo Manado menghasilkan dua tim yang lolos ke tingkat nasional.
Kepala Dinas (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes saat penutupan kegiatan mengatakan, apa yang diraih oleh para siswa sehingga bisa lolos ke tingkat nasional adalah buah hasil kerja keras mereka. “Janganlah berpuas diri apa yang telah diraih saat ini, tetapi haruslah terus belajar dan berusaha sehingga dalam tingkat nasional bisa meraih juara dan bisa membanggakan Sulawesi Utara,” ujar Punuh.
Arther Tumipa, Kepala Bidang Pembinaan SMA menyampaikan, apa yang dihasilkan adalah sesuai hasil seleksi dan penilaian dari dewan juri dan mereka yang lolos adalah yang terbaik dari yang terbaik. “Untuk ke tingkat nasional memang ada dua tim baik dari Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dan mereka ada 6 orang yaitu per tim terdiri dari 3 orang,” ungkap Tumipa.
Tumipa mengatakan, 6 siswa berprestasi tersebut adalah untuk tim debat bahasa Inggris atas nama Stephen Geogrori Lingkiriwang, Stepanie Felicia, Engel Dapu semuanya dari SMAN 9 Binsus Manado. Sedangkan tim debat Bahasa Indonesia atas nama Jason Imanuel Soeyondo dari SMAN 9 Binsus Manado, Julia Mangare dari SMAN 7 Manado dan Rizki Siajaya dari SMA Frater Donbosco Manado. “Untuk tingkat provinsi diseleksi secara ketat dan sudah pasti yang juara adalah yang paling terbaik dari yang terbaik dan mereka dinilai setiap individu atau perorangan,” ungkap Tumipa.
Dia berharap agar target bisa masuk 10 besar pada tingkat nasional. ”Mereka nantinya akan ikut di tingkat nasional pada 5 -12 Agustus di Bengkulu,” ujar Tumipa.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *