24 Andikpas LPKA Tomohon Jalani Tes Psikologi

by
Koordinator Humas LPKA Tomohon bersama Tim Psikologi dan pegawai Lapas. (Foto: Istimewa)

Tomohon – Guna mengetahui kondisi psikologis anak didik yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) anak, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon mengadakan pemeriksaan psikologi terhadap anak didik pemasyarakatan (Andikpas) tersebut. Sebanyak 24 Andikpas yang berada di LPKA Tomohon ikut menjalani tes psikologi.
Kepala LPKA Tomohon, Tjahja Rediantana mengatakan, kegiatan itu digelar dalam rangka peningkatan pengetahuan, pemahaman Andikpas terhadap dirinya dan lingkungan. Selebihnya adalah sebagai acuan LPKA untuk melakukan pembinaan lanjutan sesuai dengan hasil kegiatan psikotest IQ dan tes psikologi. Dimaksudkan agar Andikpas lebih mandiri dan mampu menghadapi permasalahan dan kehidupan ditengah masyarakat. “Tujuan dari pemeriksaan psikologis anak binaan lapas untuk mengetahui kemampuan intelektual, kondisi psikologis mereka saat ini. Ada juga psikotes yang dilaksanakan yaitu tes minat bakat, untuk membantu mereka mengenal kemampuan dan keterampilan yang dimiliki,” ujar Rediantana, Rabu (11/07/2018).
Sementara itu Koordinator Humas LPKA Tomohon Marla Santy Mait mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk realisasi kerja sama dengan Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Sulawesi yang dipimpin oleh Hanna Monareh. “Dengan berharap kami bisa membantu mereka menumbuhkan rasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga kelak saat keluar mereka bisa beradaptasi dengan masyarakat dan bisa menerapkan apa yang mereka telah dapat dan pelajari selama menjalani masa binaan,” ujar Mait.

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *