2.226 Guru THL dan Administrasi SMA/SMK Terima SK Gubernur

by
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Manado – Sejumlah guru Tenaga Harian Lepas (THL), guru bantu non ASN dan tenaga administrasi yang sehari – hari bertugas di SMA dan SMK di Sulut kini mengantongi Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulut Olly Dondkambey.

Pihak Dinas Pendidikan (Dikda) Sulut menyebutkan, SK Gubernur untuk guru honorer sudah ada. “Sesuai data ada 2.226 guru THL dan tenaga administrasi pada tahun 2019 ini yang sudah mendapatkan SK Gubernur,” ungkap pejabat di Dinas Dikda Sulut yang minta namanya tidak ditulis.

Diketahui para guru dengan status THL yang sudah memiliki SK Gubernur akan mendapatkan honor dengan nilai minimal Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 3.150.000 setiap bulannya.

Dasar perhitungan dari pemberian honorarium ini mengacu pada jam mengajar yang akan dijalankan oleh guru THL di SMA, SMK se- Sulut.

Para guru THL dan tenaga administrasi yang tersebar diratusan SMA dan SMK Se-Sulut diketahui belum semua diangkat melalui SK Gubernur dikarenakan anggaran yang minim.

Dari pantauan di Dikda Sulut, ada beberapa Kepala SMA dan SMK yang datang melihat nama – nama guru THL yang lolos sesuai yang diusulkan mereka.

Salah satu Kepala SMA mengatakan, dia mengusulkan 19 guru THL dan baru 10 guru THL yang lolos merima SK Gubernur. “Saya sangat bersyukur sebagian guru THLnya bisa diakomodir Pemerintah melalui SK Gubernur, sehingga anggaran pengeluaran kepada mereka melalui dana BOS berkurang,” katanya.

 

Penulis: Zulkifli Madina

Editor: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *